9 Kegiatan saat Bulan Suci Ramadhan yang Akan Menambahkan Pahala 

Tadarus (Bulan Ramadhan)
Kegiatan Ramadhan menjadi sebuah momen yang selalu dinantikan oleh umat muslim. 
0 Komentar

Sekadar tips bagi Anda yang hendak mengadakan buka puasa bersama di rumah, apabila seluruh ruangan akan digunakan sebagai daerah mengobrol, maka keluarkan meja makan asal dalam ruang makan. 

menjadi gantinya, Anda bisa menyusun makanan pada meja yg tersedia pada dapur. ad interim permanen sediakan meja mungil pada pada ruangan buat menyajikan sajian untuk anak-anak dan makanan ringan serta es butir.

– lima. aktivitas Ngabuburit. 

Ritual menunggu waktu jelang berbuka puasa atau yg disebut ngabuburit telah menjadi sebuah norma rakyat Indonesia. umumnya, orang mengisi ketika senggang ini menggunakan ragam kegiatan. misalnya berjalan-jalan keluar tempat tinggal sembari membeli makanan ringan berbuka atau menunggu pada masjid sembari berzikir.

Baca Juga:Inilah Jadwal 1 Ramadan 2024 Menurut Muhammadiyah, Pemerintah dan NU Kenali Sifat dan Karakter Gemini yang Punya Tidak Stabilan Dalam Emosional

6. aktivitas Bagi-bagi Takjil.

Mengisi Ramadhan menggunakan kegiatan yang berguna harus hukumnya. galat satu yg mampu dikerjakan adalah mengembangkan takjil kepada mereka yang membutuhkan.

Keutamaan membuatkan takjil sinkron dengan hadis Rasulullah SAW, “Maka barangsiapa memberi makanan pada 36 orang yg berpuasa setiap tahun, maka seakan-akan dia puasa satu tahun (karena kebaikan dilipatgandakan pahalanya sepuluh kali). serta barang siapa memperbanyak memberi takjil atau makan serta minum orang-orang yg berpuasa atas dasar niat ini, Allah mencatat baginya puasa berabad-abad serta bertahun-tahun”.

7. kegiatan I’tikaf di Masjid.

I’tikaf atau iktikaf di masjid pun termasuk kegiatan Ramadhan yang penuh manfaat serta kebaikan. Memperbanyak i`tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan sangat dianjurkan, seperti riwayat Nabi Muhammad SAW yg tidak pernah meninggalkan i`tikaf pada lepas-tanggal tadi. Pasalnya, malam Lailatul Qadar akan turun pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan. Berikut i’tikaf yang bisa membawa sejumlah pesan yang tersirat diantaranya:

– bisa menjernihkan hati

– Menyibukkan diri secara utuh untuk ketaatan kepada Allah SWT

– Meniru perilaku malaikat

– menjadi upaya mendapatkan Lailatul Qadar

8. aktivitas Ramadhan Pesantren Kilat.

Aktivitas Ramadhan pesantren kilat rutin dilakukan sekolah mulai berasal taraf dasar sampai menengah. Kerap disingkat ‘sanlat’, kegiatan ini bertujuan memberi ruang buat anak-anak hingga remaja supaya mampu menjalankan ibadah puasa dengan suasana yg damai, menyenangkan, dan berguna.

0 Komentar