Pemkot Ingin Wujudkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan

IST/DOK HUMAS PEMKOT SUKABUMI PANEN PADI: Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri acara panen
IST/DOK HUMAS PEMKOT SUKABUMI PANEN PADI: Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri acara panen padi KTNA Seroja di Kelurahan Cibeureum Hilir Kecamatan Cibeureum, Rabu (28/2).
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Panen padi kelompok tani merupakan langkah positif dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kota Sukabumi.Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri acara panen padi KTNA Seroja di Kelurahan Cibeureum Hilir Kecamatan Cibeureum, Rabu (28/2).

Acara dihadiri Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo, Dandim 0607 Letkol Yudhi Hariyanto, Dirjen Pangan Kementerian Pertanian, dan tamu undangan lainnya.

“Anak-anak ini merupakan generasi untuk masa depan kita. Harga beberapa kebutuhan seperti telur dan komoditas lainnya sedang mengalami peningkatan. Pemerintah akan memberikan makanan yang bersumber dari ikan,” ujar Kusmana.

Baca Juga:Kurun Dua Bulan Terjadi 47 BencanaKaesang Ditantang Maju di Pilgub DKI Jakarta

Kusmana menyebutkan, mengonsumsi ikan sangat ideal jika dilakukan setiap hari. Dia berharap kebiasaan baik ini diawali di lingkungan keluarga.

Para siswa juga diajak untuk mengonsumsi makanan yang benar-benar sehat dan aman.

“Hati-hati saat jajan. Dilihat masa expired-nya, jangan sembarangan. Beberapa waktu lalu ada kejadian keracunan makanan. Mohon dijaga, jajan makanan yang sehat,” tambahnya.

Selain menekankan pentingnya gemar makan ikan dan telur untuk menjaga protein bagi anak-anak, Kusmana juga mendorong inovasi dalam sektor pertanian untuk meningkatkan ketahanan dan stabilisasi harga pangan.

Kusmana mengungkapkan bahwa luas lahan pertanian di Kota Sukabumi terus berkurang, sehingga perlu ada upaya untuk menjaga lahan pertanian dan meningkatkan produktivitasnya.

Beliau juga mengapresiasi penanaman bibit padi IP400 dan Respati yang telah meningkatkan hasil panen padi.

“Pemerintah Kota Sukabumi terus melakukan gerakan menanam padi. Di Cibeureum juga ada gerakan menaman bawang merah untuk meningkatkan ketahanan pangan. Pemerintah juga mendorong partisipasi masyarakat dalam program LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan) dan gerakan pangan murah,” katanya.

Baca Juga:Program Makan Siang Gratis Prabowo Dibahas di Sidang Kabinet JokowiPrabowo Bakal Dapat Pangkat Jenderal Kehormatan dari Jokowi

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Perwakilan kelompok petani menyampaikan berbagai pertanyaan dan masukan terkait dengan ketahanan pangan dan pemerataan distribusi pupuk bagi petani di Kota Sukabumi.

Kusmana dan Kepala Dinas KP3 memberikan jawaban dan solusi atas pertanyaan dan masukan dari para petani.

Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, TNI, dan masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan.

0 Komentar