Harga Cabai Naik jadi Rp110 Ribu

Harga sejumlah komoditas kebutuhan masyarakat di Pasar Pelita
Harga sejumlah komoditas kebutuhan masyarakat di Pasar Pelita Kota Sukabumi terpantau terus naik menjelang Ramadan, salah satunya cabai merah besar lokal.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Harga komoditas cabai merah besar lokal di Kota Sukabumi terpantau naik mendekati Ramadan 1445 Hijriyah. Saat ini harganya di kisaran Rp110 ribu per kg dari sebelumnya Rp90 ribu per kg.

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, menjelaskan harga bahan pokok yang saat ini mengalami perubahan di antaranya cabai merah besar lokal naik dari Rp90 ribu menjadi Rp110 ribu, cabai keriting hijau naik dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu per kg, tomat kecil naik dari Rp15 ribu jadi Rp18 ribu, dan tomat besar naik dari Rp20 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram.

Rifki menuturkan, menjelang Ramadan permintaan konsumen biasanya meningkat sehingga harga beberapa bapokting terpantau naik.

Baca Juga:HPSN Momentum Kelola Sampah BerkelanjutanKetar-ketir Hadapi Soal Sampah

“Biasanya H-7 bulan suci Ramadan harga bapokting mengalami kenaikan. Hal itu terjadi karena jumlah permintaan lebih tinggi dibanding jumlah pasokan,” ungkapnya.

Rifki menerangakan, jika masa panen cabai berakhir atau cuaca buruk mengganggu hasil panen, maka pasokan cabai merah besar bisa berkurang dan harga cenderung naik. Selain itu, faktor cuaca juga mempengaruhi hasil panen.

“Jika musim hujan atau kemarau panjang terjadi, tanaman cabai merah besar bisa mengalami kerusakan yang berakibat pada penurunan pasokan dan peningkatan harga,” bebernya.

Adapun harga komoditas lainya hingga saat ini masih terpantau stabil. Seperti, minyak goreng, garam, terigu, bawang putih, gula, terigu, dan bawang merah. Namun Rifki memastikan stok bapokting di pasaran masih cukup aman.

“Kami setiap hari melakukan pemantauan untuk memastikan stok aman dan kenaikan harga tidak signifikan,” tukasnya. (mg4)

0 Komentar