BMKG Sudah Prediksi Bakal Terjadi Gelombang Ting

Ilustrasi
Ilustrasi Gelombang Tinggi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewaspadai potensi timbulnya gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY itu.

“Pada liburan akhir pekan yang dilanjutkan dengan libur Hari Raya Nyepi pada Senin (11/3) dan Cuti bersama pada Selasa (12/3) seperti saat ini, dapat dipastikan sebagian masyarakat berwisata dengan mengunjungi pantai,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap Jawa Tengah, Minggu.

Akan tetapi saat berwisata di pantai, katanya, masyarakat sering kali tidak memerhatikan risiko gelombang tinggi yang dapat terjadi sewaktu-waktu karena asyiknya bermain air atau berenang di pantai.

Baca Juga:Pentingnya SLF Bangunan GedungWaspadai DBD di Tengah Anomali Cuaca

Terkait dengan hal itu, dia mengimbau masyarakat yang memanfaatkan liburan dengan berwisata di pantai selatan Jabar-DIY untuk tidak berenang atau bermain air terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, karena gelombang tinggi berpotensi terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu, kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga hari Senin (3/11), dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut,” katanya.

Menurut dia, peringatan dini gelombang tinggi tersebut dikeluarkan karena gelombang tinggi di wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter, sehingga masuk kategori tinggi.

Dalam hal ini, wilayah yang berpotensi terjadinya gelombang tinggi meliputi meliputi perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

Selanjutnya Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, Samudra Hindia selatan Pangandaran, Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

Bahkan berdasarkan permodelan, tinggi gelombang di wilayah Samudra Hindia selatan Jabar-DIY pada hari Rabu (13/3) diprakirakan mencapai 4-6 meter atau sangat tinggi, sedangkan di wilayah perairan selatan Jabar-DIY diprakirakan berkisar 2,5-4 meter, katanya.

0 Komentar