DKP3 Terus Pantau Sok dan Harga Berbagai Komoditas

Jajaran Dinas KP3 Kota Sukabumi kembali mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog
Jajaran Dinas KP3 Kota Sukabumi kembali mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog bersamaan Ramadan hingga nanti Idul Fitri.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi terus memantau ketersediaan berbagai kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadan.

Terutama menghadapi Idul Fitri 1445 Hijriah yang diperkirakan bakal terjadi peningkatan permintaan.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kota Sukabumi, Yani Fitriani, mengatakan memasuki dua pekan Ramadan, sejauh ini kondisi pasokan, ketersediaan, maupun perkembangan harga cenderung masih cukup terkendali.

Baca Juga:Lima Rumah Terdampak Longsor di Kawasan TNGHSSiswi SDN Nanggeleng 1 Raih Juara Favorit

Sehingga dipastikan kondisinya aman.“Salah satu yang kami terus pantau yaitu beras sebagai komoditas pokok masyarakat. Hasil pemantauan kami di lapangan serta koordinasi dengan pihak Bulog, stok beras insya Allah aman,” tutur Yani, Rabu (27/3).

Saat ini harga beras premium di Kota Sukabumi kisaran Rp15.600-Rp15.800 per kg. Sementara jenis medium kisaran Rp14.200-Rp14.400 per kg.

Menurut Yani harga beras saat ini cenderung terkendali dibanding sebelumnya. Salah satu upaya pengendalian harga yakni operasi pasar atau gelar pangan murah yang rutin dilaksanakan.

“Hasil evaluasi, ada dampak positif terus dilaksanakannya operasi pasar seperti terkendalinya harga beras, terutama yang jenis premium. Selain itu, mulai turunnya harga beras juga karena sudah masuk masa panen,” sebut dia.

Mendekati Idul Fitri 1445 Hijriah, kata Yani, DKP3 sudah mengagendakan gelar pangan murah. Sesuai rencana, kegiatannya dijadwalkan antara akhir bulan ini atau bisa jadi pada awal April.

“Tahun ini kita sudah melaksanakan dua kali operasi pasar murah masing-masing pada Januari dan Februari. Periode sekarang direncanakan akhir Maret atau awal bulan yang baru,” imbuhnya.

DKP3 Kota Sukabumi sempat berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu. Kedua intansi beda wilayah itu menggelar operasi pasar di sejumlah titik.

Baca Juga:Harimau Jawa masih Ada di Sukabumi?Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Puasa

“Ada empat lokasi yang jadi sasaran yakni Pasar Pelita, Pasar Gudang, Pasar Pasundan, dan Pasar Cisaat,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar