Hujan Deras Picu Pohon Tumbang

Petugas BPBD Kota Sukabumi mengevakuasi pohon tumbang
Petugas BPBD Kota Sukabumi mengevakuasi pohon tumbang di salah satu wilayah yang diduga akibat curah hujan tinggi.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sebuah pohon alpukat berdiameter 60 sentimeter dengan tinggi 12 meter di Kampung Kuta Pasir RT 02/11, Kelurahan Sriwedari Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi tumbang. Akibatnya, kabel listrik milik PLN serta pembatas jalan tertimpa pohon tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, menjelaskan petugas BPBD Kota Sukabumi telah bekerja sama dengan warga setempat untuk mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada korban dalam kejadian ini. Hanya saja, kabel dan pembatas jakan tertimba,” ujar Novian kepada wartawan, Rabu (3/4).

Baca Juga:Ribuan Personel Siap Amankan Idul Fitri 1445 HSepuluh Peristiwa Besar yang Terjadi saat Bulan Suci Ramadan

Tumbang pohon tersebut diduga terjadi akibat curah hujan dengan intensitas cukup tinggi ditambah angin kencang. Terlebih, kondisi pohon yang sudah lapuk. 

Saat musim hujan tidak dipungkiri kerap terjadi pohon tumbang. Sebab itu, masyarakat harus lebih waspada dan tidak boleh berteduh maupun berdekatan dengan pohon saat turun hujan untuk keamanan dan keselamatan.

“Selama musim hujan ini sudah terjadi beberapa kali pohon tumbang,” tuturnya. 

Langkah pencegahan di antaranya dilakukan pemangkasan pohon yang sudah tua atau rapuh. Upaya itu diyakini dapat membantu mengurangi risiko pohon tumbang.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan intansi terkait untuk melakukan pemangkasan pohon secara rutin,” paparnya. (mg4)

0 Komentar