Kuota Calhaj Kota Sukabumi 337 Orang

Samsul Puad Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi
Samsul Puad Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sebanyak 337 jemaah calon haji Kota Sukabumi siap diberangkatkan. Berbagai tahapan sudah dan sedang dilakukan, di antaranya bimbingan manasik haji yang dilaksanakan pada 18 April dan 30 April.

Kepala Kantor Kemenag Kota Sukabumi, Samsul Puad, menjelaskan jemaah calon yang siap berangkat terdiri dari 139 orang laki-laki dan 197 orang perempuan. Tahun ini Kota Sukabumi mendapat kuota tambahan 80 orang.

“Sehingga yang semula kuotanya sebanyak 257 orang bertambah menjadi 337 orang,” ujar Puad kepada wartawan, kemarin (22/4). 

Baca Juga:MPR: Hari Kartini Momentum Memperjuangkan Hak-hak PerempuanPakar: MK tak Akan Diskualifikasi Gibran

Calhaj paling muda berusia 22 tahun dan paling tua 85 tahun. Kemenag pun bakal lebih memprioritaskan pelayanan kepada calon haji lanjut usia (lansia).

“Para calon haji lansia ini menjadi prioritas pelayanan kami. Adapun untuk tahapan pemberangkatan kami sudah bekerja sama dengan semua elemen baik pemerintah daerah maupun aparat keamanan,” cucapnya.

Biaya pemberangkatan haji tahun ini sebesar Rp96 juta. Namun Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan subsidi sehingga yang dibayar setiap calhaj hanya sekitar Rp56 juta.

“Alhamdulillah, saat ini semua calon jemaah haji sudah melunasi pembayarannya,” jelasnya. 

Sejauh ini tak ada kendala yang dapat menghambat tahapan pemberangkatan nanti.

“Kami harap dengan berbagai upaya yang dilakukan, semua calon jemaah haji bisa berangkat dengan aman dan lancar hingga kembali nanti,” pungkasnya. (mg4)

0 Komentar