Harga Cabai Terus Turun

Harga beragam komoditas kebutuhan pangan
Harga beragam komoditas kebutuhan pangan masyarakat di Kota Sukabumi cenderung berfluktuasi. Saat ini harga cabai terpantau turun.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Harga cabai di Kota Sukabumi terpantau turun. Ada berbagai faktor yang mendasari turunnya harga komoditas tersebut.

Data Dinas Kumindag Kota Sukabumi, komoditas yang harganya turun yakni cabai merah besar TW turun dari Rp50 ribu menjadi Rp45 ribu per kg, cabai rawit merah turun dari Rp48 ribu menjadi Rp42 ribu, dan daging ayam broiler turun dari Rp36 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram.

“Hasil pemantauan di lapangan, saat ini harga cabai turun kisaran Rp1 ribu-Rp5 ribu per kilogram,” ungkap Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki, kepada wartawan, Minggu (28/4).

Baca Juga:BPOM Jabar Cek Pangan OlahanUlah Vandalisme, Taman Bapelitbangda Sukabumi Jadi Kumuh Penuh Coretan

Rifki menjelaskan, fluktuasi harga cabai merah besar ini dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya faktor masa panen petani.

“Ketika masa panen cabai tiba, pasokan cabai merah besar di pasaran akan meningkat sehingga harga cenderung turun,” jelasnya. 

Menurutnya, jika masa panen cabai berakhir atau cuaca buruk mengganggu hasil panen, pasokan cabai merah besar bisa berkurang dan harga cenderung naik. Selain itu, faktor cuaca juga mempengaruhi hasil panen cabe.

“Jika musim hujan atau kemarau panjang terjadi, tanaman cabai merah besar bisa mengalami kerusakan yang berakibat pada penurunan pasokan dan peningkatan harga,” ucapnya.

Harga komoditas lainya hingga saat ini masih terpantau stabil. Di antaranya minyak goreng, garam, terigu, bawang putih, gula, terigu dan bawang merah. (mg4)

0 Komentar