Lima Parpol Sepakat Berkoalisi

Ist
Lima pimpinan parpol di Kabupaten Sukabumi membacakan isi kesepakatan koalisi menghadapi Pilkada 2024, Sabtu (4/5).
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Lima partai politik di Kabupaten Sukabumi sepakat berkoaliasi menghadapi Pilkada 2024. Namun tak menutup kemungkinan koalisi masih membuka pintu bagi parpol lain yang ingin bergabung.

Kelima parpol yang berkoalisi yakni PKB, PKS, Demokrat, PAN, serta PDI Perjuangan. Kesepakatan koalisi dituangkan dalam bentuk penandatanganan kerja sama semua parpol sekaligus deklarasi pada Sabtu (4/5). 

Ketua DPC PKB Kabupaten Sukabumi Hasim Adnan mengatakan, komunikasi politik di antara parpol sudah dijajaki cukup lama. Namun, baru ada kesempatan kali ini mendeklarasikan koalisi menghadapi Pilkada 2024.

Baca Juga:Lelaki Telanjang Tewas Bersimbah DarahBahasa Ibu Harus Dibumikan dan Menjadi Keseharian

“Kesepakatan kerja sama ini didasari berbagai pertimbangan,” kata Hasim kepada wartawan seusai deklarasi koalisi, Sabtu (4/5). 

Koalisi kelima parpol sudah mencukupi persyaratan mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati. Hasil Pileg 2024, gabungan kelima parpol mendapatkan 28 kursi di DPRD yang terdiri dari PKB dan PKS masing-masing 7 kursi, PDI Perjuangan 6 kursi, Demokrat 5 kursi, dan PAN 3 kursi. 

Namun, pada penandatanganan kesepakatan koalisi belum muncul figur yang akan diusung pada Pilkada nanti. Tapi, kata Hasim, masing-masing parpol sudah menyerahkan jagoan mereka yang nanti akan diusung.

“Ada berbagai kualifikasi yang akan diusung. Termasuk tahapan survei yang dilakukan lembaga kredibel,” tuturnya.

Masing-masing parpol sudah melakukan penjaringan bakal calon. Dari figur yang mendaftarkan diri ke masing-masing parpol, beberapa di antaranya ada yang sama. 

Hasim mengaku tak mau terburu-buru menetapkan bakal calon yang akan diusung koalisi partai. Tapi dia menargetkan pada akhir Juli sudah bisa muncul figur atau pasangan bakal calon bupati dan wakil yang bakal diusung koalisi partai. 

“Ada tim khusus yang nanti menelaah nama-nama yang berpotensi diusung. Nanti figur yang diusung betul-betul teruji,” pungkasnya.

Baca Juga:DP2KBP3A Kota Sukabumi Inisiasi Rakor Penguatan P2WKSSLima Perangkat Daerah di Sukabumi Akan Mendapat Penilaian

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi, Iman Adinugraha, mengaku masih terus berkomunikasi mengusung figur bakal calon yang dinilai kapabel dan berkompeten pada Pilkada 2024. Karena itu, waktu yang ada sekarang sebelum menetapkan bakal calon akan digunakan menyeleksi figur.

“Wilayah Kabupaten Sukabumi ini sangat luas. Butuh figur yang betul-betul paham permasalahan dan mencari solusinya. Kami tidak ingin terburu-buru menetapkan  calon yang akan diusung. Semuanya masih berproses,” kata Iman.

0 Komentar