Rakor Menakar Potensi Inflasi

IST
Kusmana Hartadji Pj Wali Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Pemerintah Kota Sukabumi mengikuti video conference rapat koordinasi mingguan yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri, Senin (27/5). 

Rakor yang berlangsung di Ruang Zoom meeting Bidang Ekonomi tersebut diikuti Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi Nuraeni Komarudin, serta Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Agus Wawan, dan Kabag Perekonomian.Rakor membahas tinjauan inflasi dan Indeks Perkembangan Harga (IPH) pekan keempat bulan Mei 2024.

Pembahasan ini disampaikan Deputi Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik Pudji Ismartini.

Baca Juga:Calon Haji Kota Sukabumi Dilepas ke EmbarkasiMakam Terancam Tergerus Longsor

Berdasarkan data SP2KP selama 20-22 Mei 2024, secara nasional jumlah kabupaten dan kota yang mengalami kenaikan IPH pada minggu keempat mengalami penurunan dibandingkan pekan sebelumnya.

Sedangkan jumlah kabupaten dan kota yang mengalami penurunan IPH bertambah.

Berdasarkan pemantauan harga sampai pekan keempat bulan Mei, perbandingan harga beberapa komoditas pangan dengan bulan April 2024 cenderung pada kisaran yang tetap dengan sedikit fluktuasi.

Jumlah kabupaten/kota yang harga-harganya meningkat cenderung tidak berubah banyak dari pekan ke pekan pada bulan Mei.

Perbandingan harga Bawang merah dan cabai merah bulan Mei dengan April yang tinggi mengindikasikan potensi inflasi dari dua komoditas ini.

Meskipun demikian, terlihat tren penurunan dari pekan ke pekan selama bulan Mei 2024. (ist)

0 Komentar