Kolaborasi B-Universe dan Disway Perkuat Peran dan Pengaruh dalam Ekosistem Jurnalistik di Indonesia

IST
IST
0 Komentar

BANDUNG, RADARTASIK.ID – Disway dan B-Universe telah menjalin kerja sama dalam industri media sebagai strategi menghadapi tantangan perubahan zaman.

Executive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita, menyampaikan bahwa perusahaannya sekarang telah menjadi bagian dari keluarga besar Disway.

Dia menyebut bahwa B-Universe telah resmi bergabung dengan Disway setelah kontrak kerja sama ditandatangani pada acara Malam Apresiasi Satu Inspirasi yang diadakan B-Universe di Hotel Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Juli 2024. 

Baca Juga:Pemkab Kendalikan Penyakit Zoonosis pada HewanKPU Petakan TPS Rawan Bencana

Kerja sama ini mengintegrasikan jaringan media B-Universe dan Disway guna memperkuat peran serta pengaruh mereka dalam ekosistem jurnalistik di Indonesia.

Targetnya adalah membentuk jaringan 400 media dalam dua tahun ke depan, dengan 285 media yang telah bergabung saat ini.

Mantan Menteri Perdagangan tersebut menambahkan bahwa kerja sama ini adalah langkah strategis untuk memperkuat media agar mampu bertahan dalam menghadapi perkembangan zaman.

”Kolaborasi ini agar media semakin kuat,” ucap Enggartiasto Lukita dalam kehadirannya bersama Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi di Kantor Jabar Ekspres, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Dedi Mulyadi, yang hadir dalam kesempatan tersebut, juga menekankan pentingnya adaptasi yang harus dilakukan oleh industri media saat ini. 

Dia mengingatkan bahwa segmen pasar media selalu berubah dan media harus menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. 

Menurut dia, media sosial yang berkembang pesat menjadi salah satu tantangan utama bagi media tradisional. 

Baca Juga:Dua Kecamatan Diwaspadai Rawan Krisis AirPedagang Daging Ayam Kecanduan Judi Online *Bobol Kios Sembako, Angkut 40 Karung Beras

Dedi menegaskan bahwa media yang konsisten akan selalu memiliki segmen pasar, sedangkan media yang tidak konsisten akan kehilangan pasar.

Dedi juga menekankan bahwa media tidak boleh hanya mengandalkan kejutan dalam menyampaikan informasi. 

Dia berharap media dapat berperan dalam mengubah atau mendidik pikiran masyarakat, terutama di Jawa Barat. 

Menurut dia, berita yang diproduksi seharusnya membantu membentuk pola pikir masyarakat, dengan harapan berita tersebut dapat mendidik dan membentuk karakter masyarakat untuk maju, serta harus objektif.

Dengan demikian, kolaborasi antara Disway dan B-Universe diharapkan dapat memperkuat posisi media dalam menghadapi tantangan perubahan zaman dan terus memberikan kontribusi positif dalam membentuk pola pikir masyarakat. (*)

0 Komentar