Sambut HJKS ke-154 Tahun, Pemkab Gelar Perahu Fest Bupati Sukabumi Cup

IST
Puluhan Perahu merihakna Perahu Fest Bupati Cup 2024 di Sungai Ciwaru
0 Komentar

CIWARU – Pemkab Sukabumi menggelar Perahu Fest Bupati Cup 2024 di Sungai Ciwaru, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (10/8) lalu. Puluhan peserta turun memeriahkan festival perahu ini yang digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-154 yang jatuh setiap tanggal 10 September.

Berbagai pernak pernik yang terhias pada perahu nelayan ini mewarnai keindahan sepanjang sungai Ciawaru. Event tak biasa dilakukan dalam agenda HJKS ini disambut antusias masyarakat, terlebih acara ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Marwan Hamami mengapresiasi penyelenggaraan festival perahu di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp). Menurutnya event tersebut diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengembangan kawasan Jabar Selatan.

Baca Juga:Paripurna Pertama Pasca Pelantikan, DPRD Sukabumi Bahas Usulan FraksiPertanian Berperan Krusial dalam Ketahanan Pangan di Kabupaten Sukabumi

“Festival ini bisa memberikan satu motivasi semangat untuk kemajuan wilayah dalam mendukung pengembangan kawasan Jabar Selatan,” terangnya.

Dijelaskan Bupati, Perahu Fest sebagai komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan wisata bahari di kawasan geopark. Kendati begitu, kegiatan semacam ini agar terus dikembangkan sehingga masuk kedalam kalender event tahunan. “Festival ini sebagai wadah pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Oleh karena itu event ini harus terus dikembangkan,” pintanya.

Ia pun menuturkan agar momentum ini tidak hanya sekedar hiburan masyarakat nelayan, tetapi juga sebagai media edukasi agar semakin peduli terhadap ekosistem dan lingkungan. “Semangat terus untuk bisa membuat kekaryaan untuk menjawab persoalan daerah,”pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Tapem Setda Kabupaten Sukabumi, Sendy Apriadi menjelaskan, Perahu Fest merupakan satu diantara 54 agenda hari jadi Kabupaten Sukabumi ke 154. Event ini sebagai bentuk promosi wisata yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. “Kegiatan ini murni diinisiasi oleh masyarakat nelayan, dan Perahu Fest ini adalah pesta mereka (masyarakat nelayan) di wilayah geopark,” ujarnya.

Ia menyebut kedepan festival ini akan dilaksanakan secara profesional sehingga Perahu Fest menjadi event besar di Kabupaten Sukabumi. (mg3)

0 Komentar