Disdukcapil Kota Sukabumi Lakukan Pendataan WBP Lapas Sukabumi untuk Pilkada 2024

Ist
Disdukcapil Kota Sukabumi Lakukan Pendataan WBP Lapas Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus berupaya memaksimalkan data pemilih dalam mempersiapkan perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar perekama E-KTP bagi warga binaan di Lapas Kelas II B Sukabumi.

Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Disdukcapil Rita Rosita mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan pencarian data kepada warga binaan yang datanya belum terekam dalama sistem kependudukan.

Baca Juga:Kadisdik Apresiasi Belasan Siswa MAN 1 Kota Sukabumi Lolos Seleksi ke PTNPemerintah Kota Sukabumi Berikan Penghargaan Stimulan Masuk PTN kepada 289 Siswa Berprestasi

“Jadi ini dalam rangka konsolidasi data warga binaan ini juga sebagai bentuk sinergitas kami bersama KPU dan Lapas Sukabumi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi, Gatot Harisaputro mengapresiasi kerjasama dengan Disdukcapil dan KPU Kota Sukabumi dalam perekaman dan pencocokan data warga binaan.

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama dengan Disdukcapil dan KPU Kota Sukabumi dalam kegiatan ini,” kata Gatot kepada wartawan.

Lanjut Gatot, kegiatan ini sebagai langkah penting untuk memastikan semua warga binaan dapat menjalankan hak konstitusional dalam Pilkada Serentak 2024.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan semua warga binaan yang belum memiliki E-KTP dapat segera memilikinya,” paparnya.

Gatot menjelaskan, selain melaksanakan perekaman juga melakukan pencocokan data kependudukan bagi warga binaan yang belum tercatat dalam sistem pencatatan sipil.

“Kegiatan ini, untuk memastikan semua warga binaan memiliki identitas resmi sehingga dapat berpartisipasi dalam Pilkada serentak 2024,” jelasnya.

Baca Juga:Puluhan Sekolah Jenjang SMP Ikut Pentas PAI Tingkat Kota SukabumiPuluhan Anak Panti Asuhan Ikut Bidik Prestasi Fisik dan Psikososial Dinsos Kota Sukabumi

Ia menambahkan, terdapat sebanyak 53 warga binaan Lapas Kelas IIB Sukabumi mengikuti kegiatan ini yang meliputi perekaman biometrik dan verifikasi data.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang direkam akurat dan up to date,” tandasnya (ist)

0 Komentar