Perkuat Peran Ibu dalam Keluarga

Ist
HKG KE-52: TP-PKK Kota Sukabumi menggelar puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di halaman Gedung Juang 45, kemarin (4/9)
0 Komentar

JL VETERAN – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Sukabumi menggelar puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di halaman Gedung Juang 45, kemarin (4/9). Peringatan tahun ini mengangkat tema ‘Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju’.

“Gerakan PKK tentunya merupakan salah satu wadah bagi kaum perempuan mengekpresikan cita-cita, harapan, kemampuan, dan tanggung jawab membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik,” ujar Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. Apabila dikaji lebih mendalam, peran kaum perempuan lebih dominan, berat dan strategis. Terutama dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kusmana menuturkan, dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas, peran perempuan melakukannya melalui pendidikan informal di keluarga dimulai sejak bayi masih dalam kandungan sampai seorang anak berangkat menjadi dewasa. Peranan kaum wanita, khususnya para ibu, bukan hanya membantu mengembangkan kecerdasan, tetapi juga membekali mereka dengan pendidikan agama dan budi pekerti luhur.

Baca Juga:Harmoni Bersama ICONNET, Apresiasi untuk Pelanggan Setia di Hari Pelanggan Nasional 2024SVC Berharap Tampil Meriahkan HJKS ke-156 Tahun

“Pembekalan itu kelak akan berpengaruh pada kehidupan seorang manusia, bahkan masa depan sebuah bangsa. Atas kerja sama dan kerja keras kita semua termasuk kontribusi ibu-ibu dalam mendidik dan menjaga putera puterinya di rumah,” terangnya.Kusmana menjelaskan, pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan di Kota Sukabumi sudah menunjukkan tren kemajuan cukup berarti. Kondisi itu tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan IPM.

Keberhasilan dalam bidang pendidikan dan kesehatan tentunya tidak terlepas dari peran serta dari gerakan PKK. Gerakan PKK sudah mampu melakukan pembinaan di bidang pendidikan dan kesehatan dengan berbasis pada keluarga.

“Mari kita jadikan pentingnya makna pendidikan dan pola hidup sehat sebagai sebuah gaya hidup. Saya yakin benar apabila dalam jangka panjang melalui pemberian pendidikan yang berkualitas dan pembiasaan perilaku hidup sehat pada generasi muda kita, akan menjadi alat ampuh dalam memutus rantai kemiskinan,” jelasnya.

Dengan peringatan HKG PKK ke-52, Kusmana berharap dapat menjadi media yang baik untuk melakukan introspeksi diri serta semakin meneguhkan peran dan tanggung jawab masing-masing. Sehingga, dapat memberikan kontribusi positif bagi perjalanan bangsa kita yang lebih baik di masa depan. (ist)

0 Komentar