Ratusan RTLH di Kabupaten Sukabumi Akan Segera Diperbaik

Ist
Ilustrasi Pembangunan RTLH di Kabupaten Sukabumi
0 Komentar

PALABUHANRATU,SUKABUMI.JABAREKSPRES.COM – Pemkab Sukabumi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) berencana memberikan bantuan perbaikan untuk ratusan rumah tidak layak huni (RTLH) yang tersebar di 47 kecamatan.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat, melalui Sekretaris Dinas Herdiawan Waryadi, menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan 468 unit rumah yang akan mendapatkan bantuan perbaikan hingga akhir tahun ini. “Ini merupakan bagian dari alokasi bantuan yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” ujar Herdiawan.

Selain itu, lanjut Herdiawan terdapat juga tambahan 100 unit rumah yang mendapat alokasi dari bantuan Pemprov Jabar, serta 275 unit bantuan stimulan perumahan swadaya. “Tak hanya itu ada juga rencana tambahan sekitar 100 unit dari Mabes TNI AD,” terangnya.

Baca Juga:FPM Refleksi Menolak Lupa Tragedi September HitamKedisiplinan Pemilik Kendaraan Melakukan Uji KIR 'Melempem'

Dia menjelaskan program perbaikan RTLH ini merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Sukabumi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Kami berharap sinergi ini dapat mempercepat realisasi perbaikan rumah-rumah yang membutuhkan,” katanya.

Sejauh ini, Dinas Perkim telah mengadakan rapat koordinasi pada 13 September 2024 lalu, yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait penetapan calon lokasi dan penerima bantuan.

“Saat ini, proses verifikasi dokumen dan survei fisik di lapangan sedang berlangsung. Kami targetkan bantuan dapat dilakukan pada pertengahan Oktober, dengan pembangunan fisik dijadwalkan selesai hingga Desember,” jelas Herdiawan.

Menurut data sementara, lanjut Herdiawan, total usulan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2024 mencapai 1.756 unit. Tentunya angka ini menunjukkan masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan perbaikan rumah.

“Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik agar lebih banyak rumah yang dapat diperbaiki,” paparnya.

“Melalui program ini, diharapkan kualitas hidup masyarakat Sukabumi dapat semakin meningkat, dengan lingkungan tempat tinggal yang lebih layak dan aman,” tandasnya. (Mg3)

0 Komentar