BPBD Kota Sukabumi Butuh Tambahan Fasilitas Sarpras

Ist
Novian Rahmat Taupik Kalak BPBD Kota Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI,SUKABUMI.JABAREKSPRES.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi memerlukan tambahan kendaraan operasional. Walaupun, kendaraan yang ada saat ini masih memadai dan efektif, tapi idealnya diperlukan adanya pembaharuan kendaraan.

“Kita memiliki kendaraan operasional roda empat. Yang ada saat ini merupakan bantuan dari BNPB tahun 2013. Tapi tetap saja, walaupun dikatakan masih layak digunakan, tetapi kami memerlukan tambahan kendaraan operasional tersebut,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, kepada wartawan, kemarin (10/10/24).

BPBD juga membutuhkan tambahan untuk kendaraan roda dua. Hal itu tentunya diperlukan karena ada hal-hal bencana yang cukup dievakuasi dengan roda dua sehingga bisa lebih efektif dan produktif.

Baca Juga:Target Pajak Daerah Tersisa Rp4,2 Miliar di Kota SukabumiJalan Mantap Capai 86,87 Persen di Kota Sukabumi, Masih Terkendala Keterbatasan Anggaran

“Untuk masalah kelayakan segi medan di Kota Sukabumi tentu saja layak. Hanya jangan nunggu mobil tidak bisa bergerak, kan itu bisa bahaya. Jadi diperlukan tambahan satu sampai dua kendaraan baik roda empat atau pun roda dua,” ungkapnya.Sedangkan jumlah personel sejauh ini masih cukup memadai. Saat ini BPBD memiliki 50 orang personel.

Dari jumlah itu, 10 orang berstatus ASN dan 40 orang non-ASN. “Setiap hari ada sekitar delapan personel disiagakan untuk melakukan monitoring dan penanganan bencana,” katanya.Tingkat kebencanaan di Kota Sukabumi masuk dalam kategori ringan. Bencana banjir misalnya, kerap terjadi karena dampak oknum yang tidak bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan sehingga saat turun hujan air sungai meluap dan terjadi banjir limpasan. “Namun, untuk longsor kami mewaspadai wilayah Kecamatan Gunungpuyuh dan Cikole,” tukasnya. (mg4)

0 Komentar