Cegah Kekerasan Pelajar, Seluruh Sekolah di Kota Sukabumi Bentuk TPPK

Ist
Punjul Saeful Hayat Kepala Disdikbud Kota Sukabumi
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN,SUKABUMI.JABAREKSPRES.COM- Hampir seluruh sekolah di Kota Sukabumi sudah membentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK). Salah satu tugas dan perannya yaitu mengedukasi siswa maupun orangtua siswa mengenai upaya-upaya pencegahan terjadinya aksi kekerasan di kalangan pelajar.

“Hampir 99,54 persen sekolah telah membentuk Tim Penanganan Pencegahan Kekerasan di lingkungan sekolah. Melalui tim ini dilakukan sosialisasi, antisipasi, kemudian dilakukan pertemuan dengan orangtua, komite, termasuk siswa agar mereka mengetahui bentuk kekerasan dan lain sebagainya,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, pada suatu acara yang digelar Jumat (11/10).

Punjul menambahkan keberadaan TPPK di sekolah didukung Satgas TPPK tingkat Kota Sukabumi yang melibatkan berbagai perangkat daerah dalam keanggotaannya.

Baca Juga:Sentra Gakkumdu Kota Sukabumi Pastikan Tegas Tangani Kasus Dugaan PelanggaranTempat Usaha Mendadak Sepi di Sukabumi, Dampak Terjadinya Kasus Pembunuhan

“Kemudian di tingkat kota, kita termasuk yang sudah membentuk satgas tingkat kota. Satgas ini beranggotakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, dan elemen lainnya,” sebut Punjul.Punjul mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat aktif mengawasi aktivitas para pelajar. Terutama ketika mereka berada di luar sekolah.

Hal ini sejalan dengan sistem pendidikan nasional yang menyebutkan bahwa pemerintah dan masyarakat ikut bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan. “Artinya, ada peran kita semua termasuk media untuk membangun kesadaran dan kepedulian berbagai stakeholders terhadap anak–anak kita,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar