Perumda Agro dan Dream Farm Korsel Kerjasama Budidaya Stroberi

Ist
KERJASAMA : Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyaksikan kerjasama antara Perumda Agro Sukabumi Mandiri dengan Dream Farm Co. LTD Korea Selatan terkait Budidaya Stroberi di Pendopo Sukabumi, Selasa (15/10).
0 Komentar

PENDOPO – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Agro Sukabumi Mandiri Kabupaten Sukabumi melakukan kerjasama dengan Dream Farm Co. LTD Korea Selatan terkait Budidaya Stroberi, penandatanganan nota kesepahaman kerjasama ini disaksikan langsung Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di Pendopo Sukabumi, Selasa (15/10).

Berdasarkan data yang dihimpun, budidaya stroberi yang dikerjasamakan ini tidaklah biasa. Sebab, proses budidayanya menggunakan sistem cube smart farming. Cube Smart Farming merupakan fasilitas pertanian pintar yang dikembangkan oleh Dream Farm Co. LTD, Korea Selatan. Smart farm cube memungkinkan bertanam terus menerus di mana saja dan kapan saja, tanpa terkendala musim atau tempat. Smart farm cube bekerja dengan cara mengendalikan kondisi lingkungan secara buatan, seperti suhu, cahaya, dan kelembapan di dalam fasilitas. Dengan begitu, bertanam dapat dilakukan secara terus menerus tanpa terkendala musim atau tempat. Konsep manajemen bercocok tanam yang menggunakan teknologi canggih seperti internet of things (IoT), big data, dan penyimpanan cloud. Smart farming dapat membantu petani dalam mengambil keputusan yang lebih tepat waktu dan cerdas. Beberapa manfaat smart farming, antara lain meningkatkan pendapatan dan keuntungan petani, meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat desa, meningkatkan tanaman dan biodiversitas, konservasi air.

CEO Dream Farm Co. LTD Park Hyang-jin mengatakan, budidaya stroberi dengan sistem cube smart farming di Kabupaten Sukabumi menjadi sebuah pilot project. Apalagi Sukabumi merupakan daerah yang terkenal akan pertanian, pariwisata, dan peternakan. Sehingga, peluang budidaya stroberi ini sangat luar biasa.”Kita buat pilot project budidaya stroberi dengan sistem cube smart farming di Kabupaten Sukabumi. Apalagi, stroberi yang dibudidayakan sangatlah bagus dan aman untuk kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga:Unsur Pimpinan DPRD Defintif Minus 1 OrangPJ wali Kota Sukabumi Terus Ingatkan ASN Agar Netral pada Pilkada

Apalagi, stroberi yang akan dibudidayakan berukuran besar dan memiliki rasa yang sangat manis. Selain itu sangat aman untuk kesehatan. Sebab, proses pemupukannya menggunakan organik. “Semoga kerjasama ini berjalan lancar dan sukses,” ucapnya.

Sementara itu, Marwan Hamami melihat, budidaya ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Mengingat, buah stroberi yang besar tersebut banyak dicari orang. “Ini potensi dan pelaung besar bagi Kabupaten Sukabumi. Semoga kerjasama ini dapat berdampak besar dan menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (IST)

0 Komentar