Harga Cabai Terus Turun *Pasokan Melimpah, Permintaan Sedikit

Harga Cabai Terus Turun *Pasokan Melimpah, Permintaan Sedikit
IST BERANGSUR TURUN: Harga sejumlah komoditas cabai di pasar tradisional di Kota Sukabumi mulai turun karena pasokan yang melimpah tak disertai dengan tingkat penjualan yang bagus.
0 Komentar

SUKABUMI – Harga lima jenis cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Sukabumi terpantau turun. Kondisi tersebut tak terlepas pasokan yang terus bertambah, tapi di sisi lain permintaan turun.
“Penurunan harga dipicu pasokan yang bertambah, sedangkan daya beli turun,” kata Kepala Seksi Pengawasan Barang Strategis Diskoperindagin Kota Sukabumi, M Rifki, kemarin (9/8).
Harga cabai yang turun yakni jenis cabai merah besar TW semula Rp26 ribu jadi Rp24 ribu per kilogram, cabai hijau besar turun dari Rp16 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram, cabai merah keriting turun dari Rp24 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram, cabai rawit merah turun dari Rp44 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, dan cabai rawit hijau turun dari Rp24 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram.
“Pasokan yang bertambah karena di daerah penghasil sedang panen. Pasokan cabai di Kota Sukabumi kebanyakan dari Pasar Caringin Bandung. Di sana pun harganya sedang turun,” jelasnya.
Selain cabai, lanjut Rifki, harga komoditas bawang merah juga ikut-ikutan turun. Sebelumnya harga komoditas itu di kisaran Rp30 ribu, turun menjadi Rp28 ribu per kilogram. Kemudian bawang bombay yang semula Rp24 ribu menjadi Rp23 ribu per kilogram. Lobak juga turun yang semula Rp10 ribu menjadi Rp8 ribu.
“Sedangkan komoditas yang harganya naik di antaranya minyak curah dari Rp16 ribu menjadi Rp16.500 per kilogram,” pungkasnya. (job3)

0 Komentar