Warga Luar Kota Positif Korona di Kota Sukabumi, Hasil Tes PCR Secara Acak

Dua orang terdeteksi positif covid-19
KETAT: Jajaran Dinkes Kota Sukabumi menyiapkan gerai vaksin dan tes PCR secara random di salah satu pusat perbelanjaan selama libur Natal dan Tahun Baru.
0 Komentar

JL SURYAKENCANA – Dua orang terdeteksi positif covid-19. Mereka ditemukan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dari hasil tes PCR yang dilakukan secara acak saat libur Tahun Baru 2022.

Kepala Dinkes Kota Sukabumi, Rita Fitrianingsih, menjelaskan tes PCR bersamaan momen libur Natal dan Tahun Baru dilakukan dua periode. Periode pertama pada 25-26 Desember 2021 dan periode kedua pada 1-2 Januari 2022.

“Dari hasil pemeriksaan PCR secara random, ada dua orang yang terkonfirmasi covid-19,” kata Rita, kemarin (3/1).

Baca Juga:Camat Gunungpuyuh Kota Sukabumi Apresiasi Prestasi JajarannyaPersatuan Sepak Bola Sukabumi Siap Berlaga di Liga 3

Tes PCR dilakukan di pusat-pusat keramaian serta objek wisata seperti di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi, Santa Sea, Citimall, dan pemandian air panas Cikundul.

Di Santa Sea, tes PCR dilakukan terhadap 4 orang, di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi sebanyak 4 orang, di Citimall sebanyak 68 orang, dan di pemandian air panas Cikundul sebanyak 10 orang.

Rita mengungkapkan, kedua pengunjung konfirmasi tersebut memiliki CT value yang cukup tinggi yaitu di atas angka 35. CT Value merupakan indikator yang menunjukkan banyaknya jumlah siklus untuk mencari materi genetik virus dari sampel lendir atau hasil swab pasien.

“Yang konfirmasi diketahui berasal dari luar kota. CT-nya sudah tinggi. Kemungkinan infeksinya sudah lama. Lebih dari 14 hari,” tuturnya.

Kendati kedua orang tersebut sudah memiliki angka CT tinggi atau sudah masuk masa penyembuhan dan tidak berisiko menularkan, tetapi mereka diminta kembali ke daerah asalnya. “Kita hanya memeriksa dari sisi kesehatannya. Kalau penindakannya dilakukan kepolisian. Tapi mereka tetap dipulangkan,” tegasnya.

Selain melakukan pemeriksaan PCR, tambah Rita, pada momen libur Nataru, Dinkes Kota Sukabumi tetap menggencarkan vaksinasi covid-19 di pusat keramaian dan area wisata. “Vaksinasi tetapi kita lakukan,” pungkasnya. (job3)

0 Komentar