Tegas Menolak Wacana Penundaan Pemilu, PDIP: Bikin Indonesia Jauh Lebih Buruk Ketimbang Orde Baru

Tegas Menolak Wacana Penundaan
Ilustrasi PDI Perjuangan
0 Komentar

JAKARTA – Sejumlah politisi dan kader PDI Perjuangan beramai-ramai menolak penundaan Pemilu 2024 Hal itu sekaligus menolak perpanjangan masa jabatan presiden.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Mukhlis Basri mengatakan, wacana penundaan Pemilu 2024 itu akan membuat Indonesia jauh lebih buruk ketimbang masa Orde Baru. Karena itu, dirinya mengimbau para petinggi partai politik yang mengusulkan penundaan Pemilu 2024 agar tak memperpanjang wacana menyesatkan itu.

“Agar segelintir kelompok yang mengatasnamakan rakyat republik ini untuk berhenti,” ujarnya seperti dilansir dari fajar.co.id, kemarin (1/3)

Baca Juga:P2TP2A : Psikologis Korban Traficking Membaik19 Raperda Diprogramkan di 2022

Bahkan, dirinya siap melawan. Sebab, wacana tersebut tidak sesuai dengan konstitusi.

“Tidak ada kata kompromi, harus dilawan,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno yang memastikan sikap PDIP sesuai dengan pernyataan Sekjen Hasto Kristiyanto yang menolak penundaan Pemilu 2024.

“Kalau kami berpedoman pada pernyataan Sekjen Hasto yang sudah jelas dan tegas. Selain itdak berlandaskan hukum, usulan itu tidak konstitusional,” ucapnya.

Sementara, politisi senior PDIP lainnya, Andreas Hugo Pareira menyebut penundaan pemilu tidak memiliki dasar hukum dan politik.
Selain itu, akan membuat kekosongan jabatan yang dipilih rakyat mulai dari dari kabupaten/kota sampai pusat.Anehnya, wacana ini muncul setelah Komisi II yang merupakan perwakilan partai-partai, sudah memutuskan agenda Pemilu 2024.

“Ini kan menjadi aneh, akan menjadi pertanyaan masyarakat apakah ketika Komisi II memutuskan tahapan pemilu tidak diketahui para ketumnya?” heran dia.

Menurutnya, alasan ekonomi untuk penundaan Pemilu 2024 tidak bisa dipertanggungjawabkan karena Indonesia saat ini terus berjuang memulihkan ekonomi. Di sisi lain, salah satu kunci pemulihan ekonomi adalah kepastian regulasi politik.

“Sehingga mewacanakan penundaan pemilu ini justru berbahaya bagi kepastian regulasi politik, yang akan berdampak bagi pemulihan ekonomi itu sendiri,” jelasnya.

Baca Juga:Berkat Tangan Pemuda Kreatif, Kerajinan Batu Alam di Kota Sukabumi Tembus Pasar Dunia. Tak Setuju Propemperda 2022, Fraksi PKB Walk Out

Karena itu, Hugo meminta semua pihak berhenti ‘memainkan’ wacana penundaan Pemilu 2024.
“Sudahlah, kita tutup wacana ini dan fokus pada agenda pemulihan pandemi dan ekonomi,” tandasnya. (pojok)

0 Komentar