Remitansi Via Kantor Pos Meningkat Jelang Lebaran

Remitansi Via Kantor Pos
REMITANSI: Sejumlah keluarga PMI sedang mengurusi pencairan uang kiriman melalui layanan yang disediakan Kantor Pos Cabang Sukabumi menjelang Lebaran.
0 Komentar

JL AHMAD YANI –  Pengiriman uang dari luar negri melalui Kantor Pos Cabang Sukabumi menjelang Idulfitri 1443 Hijriyah cenderung meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu. Kantor Pos sudah membayarkan uang kiriman sekitar Rp6 miliar lebih.

SPV Penjualan Ritel dan Kemitraan Kantor Pos Sukabumi, Ismi Khumairah, menjelaskan total pembayaran melalui layanan  wesel per tanggal 17-20 april 2022 mencapai Rp6.079.888.862. Pembayaran melalui layanan wesel luar negeri sebesar Rp6.005.462.762 dan wesel dalam negeri sebesar Rp74.426.100.

Sedangakan total pembayaran pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4.528.765.785. Rincian, wesel luar negeri sebesar Rp4.429.810.885 dan wesel dalam negeri sebesar Rp98.954.900. “Ada peningkatan pembayaran lebih kurang Rp2 miliar dengan jumlah 300 transaksi,” kata Ismi kepada wartawan, kemarin (21/4).

Baca Juga:Realisasi Penyaluran BLT Migor Capai 94,69 PersenGPS Dukung Sandi Uno Maju jadi Capres 2024, Optimistis Bisa Ciptakan Lapangan Pekerjaan dan Ekonomi Meningkat

Ismi menyebutkan, kiriman uang yang masuk melalui layanan wesel Kantor Pos Sukabumi didominasi dari negara di kawasan Timur Rengah seperti Arab Saudi. Pengirimnya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI). “Biasanya kiriman ini datang dari TKI untuk keluarganya yang ada di Sukabumi,” tuturnya.

Untuk di Sukabumi yang paling banyak menerima kiriman wesel luar negeri ini yakni Kecamatan Sagaranten, Cisaat, dan Pajampangan. Untuk pengambilan sendiri bisa dilakukan di seluruh kantor pos dan agen pos yang tersebar di sejumlah wilayah. “Caranya cukup membawa KTP dan PIN untuk pengambilan uang,” terang dia.

Selain kiriman dari luar negeri, tambah Ismi, kiriman melalui sejumlah layanan wesel dalam negeri pun mengalami peningkatan. Layanan wesel dalam negeri yang tersedia di PT Pos Indonesia di antaranya Weselpos Instan, Weselpos Prima dan Weselpos Korporat. “Untuk mengantisipasi peningkatan transaksi, kami menambah ketersediaan uang untuk pembayaran,” pungkasnya. (job3)

0 Komentar