Rangkaian HKB, Relawan Bencana Ikut Pesantren Outdoor

Rangkaian HKB
ANTUSIAS: Sebanyak 40 peserta yang merupakan relawan kemanusiaan mengikuti Pesantren Outdoor yang digelar BPBD sebagai rangkaian HKB. ( FOTO : ISTIMEWA )
0 Komentar

SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan Pesantren Outdoor di halaman kantor, Sabtu (23/4). Kegiatannya merupakan rangkaian peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardhani, mengatakan HKB diperingati setiap tanggal 26 April. Kegiatan dilaksanakan dalam waktu dua hari. “Pesertanya sebanyak 40 orang dari berbagai organisasi relawan kemanusiaan yang ada di Kota Sukabumi,” ujar Imran, kemarin (24/4).

Imran menjelaskan, kegiatan dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para relawan dalam kebencanaan. Kegiatan juga diisi diskusi sambil mengisi waktu saat Ramadan sekaligus meningkatkan silaturahmi dan solidaritas. “Di setiap jadwal agenda ada kegiatan kultum. Kemudian diakhiri dengan buka puasa bersama,” ucapnya.

Baca Juga:Peserta Vaksin Lebihi Target, Digelar 3 Hari, Terdapat 5.280 Orang Mendapatkan BoosterAntisipasi Lonjakan Volume Kendaraan

Imran berharap dari kegiatan itu para relawan kemanusiaan bisa semakin kompak atau solid saat menangani cepat dan tepat kebencanaan. Termasuk untuk menjalin hubungan emosional agar antarrelawan saling mengenal satu sama lain.

“Jika relawan kemanusiaan sudah kompak atau solid, mereka hanya langsung tinggal bergerak saja. Mereka sudah tahu yang akan dikerjakan. Kita sudah bisa mengambil porsi masing-masing hal-hal yang perlu ditangani,” pungkasnya. (mg2)

0 Komentar