Harga Cabai Merah Tembus Rp80 Ribu per Kg

Harga Cabai Merah Tembus
MAHAL: Harga cabai merah memasuki H-5 Idulfitri 1443 Hijriyah mencapai Rp80 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp30 ribu per kg.
0 Komentar

PALABUHANRATU – Harga komoditas cabai merah meroket di Pasar Semimodern (PSM) Palabuhanratu memasuki H-5 Idulfitri 1443 Hijriah. Saat ini harganya mencapai Rp80 ribu per kilogram dari sebelumnya di kisaran Rp30 ribu per kg.

“Naiknya Rp50 ribu per kiligram,” kata Pencatatan Harga UPTD PSM Palabuhanratu, Maulana, kemarin (26/4)

Naiknya harga cabai merah dipicu kondisi gagal panen di tingkat petani. Tak hanya cabai, harga daging sapi dan kerbau naik menjadi Rp140 ribu per kilogram pada pekan ini dari sebelummya di kisaran Rp130 ribu per kg.

Baca Juga:Tiga Pelaku Pemerasan Sopir Container Diringkus PolisiPertamina Pastikan Kebutuhan Energi Masyarakat Terpenuhi

“Tapi harga daging ayam masih stabil di kisaran Rp 40 ribu per kg. Sedangkan telur ayam naik dari Rp26 ribu menjadi Rp27 ribu per kg,” tuturnya.

Sementara itu, pedagang bumbu dapur di PSM Palabuhanratu, Wildansyah, menyebutkan berdasarkan informasi, tingginya kenaikan harga akibat gagal panen petani cabai di sejumlah wilayah. “Informasinya sih karena gagal panen.

Sehingga, tengkulak menaikkan harga kepada penjual. Mau tidak mau, pedagang harus menaikan harga,” imbuhnya.

Pria yang karib disapa Oker ini mengaku, naiknya harga sejumlah bumbu dapur memang sudah menjadi tradisi menjelang perayaan hari-hari besar, terutama Idulfitri. (mg1)

0 Komentar