Camat Sukabumi Monitoring Seluruh Kantor Desa

Camat Sukabumi Monitoring Seluruh Kantor Desa
DIBINA : Pemerintah Kecamatan Sukabumi, saat melakukan pembinaan adminstrasi pelaporan realisasi penggunaan dana desa baik untuk BLT desa dan ADD tahun anggaran 2022 di kantor Desa Parungseah.
0 Komentar

SUKABUMI – Pemerintah Kecamatan Sukabumi melakukan pembinaan adminstrasi pelaporan realisasi penggunaan dana desa baik untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa dan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran (TA) 2022 kepada seluruh desa di wilayah kecamatan tersebut.

Camat Sukabumi, Nunung Nurhayati mengatakan, pembinaan ke setiap desa-desa ini sengaja dilakukan untuk tertib administrasi, baik administrasi pemerintahan, pajak bumi dan bangunan (PBB) maupun administrasi layanan kantor desa dan lainnya. “Bilamana administrasi desa tertib, maka otomatif anggaran yang masuk ke desa pun akan tertib dan bisa dipertangujawabkan oleh pemerintah desa itu sendiri,” kata Nunung Nurhayati, Rabu (08/06).

Menurutnya, pembinaan adminstrasi pelaporan realisasi penggunaan dana desa baik untuk BLT desa dan ADD ini, sangat penting dilakukan. Sebab, apabila tidak tertib dalam administrasi tidak sedikit pemerintahan desa berhubungan dengan hukum. Untuk itu, dalam mengantisipasi pemerintahan desa agar tidak tersandung dengan hukum. Maka, pemerintah Kecamatan Sukabumi langsung turun kelapangan untuk melakukan pembinaan tersebut. “Kita ramai-ramai ke desa setiap harinya secara marathon mulai dari 7 Juni 2022 sampai 13 juni 2022 nanti. Sementara untuk timnya sendiri terdiri dari Camat, Sekmat, Sekretaris Kasie Binwas, Anggota kasie PMD dan Kasie Pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga:Kadis PU Tinjau Jalan Cikate – Bojongwaru Cikembar yang Alami KerusakanTargetkan Kategori Utama APE

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembinaan adminstrasi pelaporan realisasi penggunaan dana desa ini, dilakukan oleh pemerintah Kecamatan Sukabumi setiap tiga bulan sekali atau 4 kali dalam setahun. Ini dilakukan guna mengsenergikan kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Sukabumi, tertib administrasi pemerintahan desa dan SPJ sesuai dengan perencanaan dalam APBDes. “Harapan saya desa dapat semakin tertib dan rapi. Insya Allah laporan-laporan desa di wilayah ini, baik yang berbentuk LKPJ maupun LKPD di desa-desa bisa sampai tepat waktu,” tandasnya.

Ia menambahkan, dari seluruh desa yang ada di wilayahnya, kini statusnya sudah menjadi desa maju. Diharapkan, dengan gencarnya dilakukan pembinaan adminstrasi pelaporan realisasi penggunaan dana desa baik untuk BLT desa dan ADD tahun anggaran 2022 ini, dapat mewujudkan enam desa di Kecamatan Sukabumi menjadi desa mandiri. “Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh lemabga desa, mulai dari kepala desa, BPD, LPMD dan lainnya yang sudah bahu membahu mensukseskan kegiatan ini,” pungkasnya. (IST)

0 Komentar