Jaga Ekosistem Laut di Geopark, TNI AL Tanam Mangrove

Jaga Ekosistem Laut di Geopark, TNI AL Tanam Mangrove
AKSI TANAM MANGROVE: TNI AL bersama unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi serta masyarakat melakukan penanaman ribuan batang pohon mangrove di sekitar muara Sungai Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Selasa (26/7/2022).
0 Komentar

SUKABUMI – Mencegah terjadinya kerusakan terhadap ekosistem laut di wilayah UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuharatu tepatnya di Muara Sungai Cimarinjung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Bandung pada Selasa, (26/7) menanam ribuan bibit pohon mangrove.

“Pada kegiatan yang dilaksanakan di pesisir pantai selatan tepatnya muara Sungai Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas ada 5 ribu bibit pohon mangrove yang ditanam,” Kata Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati di Sukabumi, Selasa.

Penghijauan wilayah pesisir pantai selatan ini juga diikuti ratusan warga serta perwakilan dari untuk Forkopimda Kabupaten Sukabumi. Menurut Renny penanaman mangrove ini merupakan kegiatan berskala nasional untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia yang dilaksanakan TNI AL di 77 lokasi di seluruh Indonesia yang di pimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Baca Juga:Graduasi KPM PKH Percepat Pengentasan KemiskinanDibantu Baznas, Rumah Terdampak Bencana Segera Diperbaiki

Untuk di Desa Ciwaru pihaknya menanam 5 ribu batang mangrove ini di lahan seluas sekitar satu hektare. Selain itu, kegiatan ini pun berbarengan dengan pelaksanaan penanaman mangrove yang dilaksanakan di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diketahui, mangrove ini sangat penting untuk menjaga ekosistem laut agar populasinya tidak terus berkurang. Selain itu, mangrove juga bisa berfungsi sebagai pemecah gelombang atau ombak. Khusus di Desa Ciwaru, dimanfaatkan masyarakat pesisir untuk mengurangi emisi, baik itu dari pancaran sinar matahari ataupun dari efek emisi global atau pemanasan global yang saat ini terjadi.

Lanjut dia, kegiatan ini pun tidak sebatas seremonial semata tetapi tujuannya untuk jangka panjang khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Maka dari itu, pihaknya juga menanam 5 ribu benih ikan nila di muara Sungai Cimarinjung.

“Tujuan utama dari kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar seperti ketahanan pangan serta meningkatkan perekonomian,” tambahnya.
Renny mengatakan ke depan Kabupaten Sukabumi dengan adanya kegiatan semacam penanaman mangrove tersebut dapat meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan di sekitarnya. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sukabumi untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan dan kelestarian tumbuhnya tanaman mangrove tersebut.

0 Komentar