“Pada Sebuah Rasa” dari Komunitas Penulis Perempuan Sukabumi

"Pada Sebuah Rasa" dari Komunitas Penulis Perempuan Sukabumi
0 Komentar

Oleh : Adi Arwan Alimin

Ruang pustaka yang dihuni ribuan judul buku itu menampung puluhan sahabat literasi se-Kota Sukabumi. Geliat Komunitas Penulis Perempuan kota ini ramai menghadiri samuh di bilik baca Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kamis (15/12) sore.

Sejatinya, ini Pelatihan Menulis Karya Tulis Ilmiah yang digelar Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UMMI. Walakin, model diskusi kepenulisan berpola hybrid itu juga disertai soft launching buku antologi cerita pendek “Pada Sebuah Rasa” yang digagas KPPS, komunitas perempuan penulis yang sedang bertunas di Sukabumi.

“Terima kasih telah menghadiri acara ini, kita berharap karya tulis dari penulis fiksi dan nonfiksi di Sukabumi akan terus meningkat. Dan, acara pelatihan ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan kualitas karya selanjutnya,” ujar Ketua Prodi PGSD UMMI, Dyah Lyesmaya, M.Pd yang juga menyumbang cerita pendeknya dalam antologi yang diluncurkan Kamis sore.

Baca Juga:Fahmi Dinobatkan Sebagai Kepala Daerah Peduli BaznasLima Desa Teken MoU dengan PT. Semen Jawa dan Tambang Semen Sukabumi

Pelatihan menulis berdurasi sekitar 120 menit itu dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Daerah Kota Sukabumi, Andri Setiawan. Alumni APDN yang malang melintang sebagai eselon II di Kota Sukabumi hadir sebagai pembedah karya sembilan cerpenis beragam tema ini.

“Pada ‘Sebuah Rasa’ adalah luapan perasaan yang bermacam-macam namun semuanya menggugah. Tema antologi tentang rasa diramu penulis untuk mengaduk-aduk perasaan pembaca,” ucap Andri yang tampil memakai ikat biru khas Sunda.

“Semua menuliskan cerita dalam antologi ini dengan hati dan diksi memukau. Membaca judul tiap judul, isi demi isi semuanya membuat kagum siapa yang membacanya. Ada yang bercerita tentang pengalaman, ada pula yang memadu rasa dalam kisah, menceritakan tentang keajaiban kehidupan juga mengambil latar tempat daerah. Sangat indah sekali kalimat yang tertulis,” ujar lelaki berkaca mata menggerai hasil bacaannya.

Mantan camat beberapa wilayah di Sukabumi itu pun membuka peluang bagi semua warga untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di kantornya bagi peningkatan gerakan literasi. Belasan ribu judul buku yang tersedia di perpustakaan daerah Sukabumi disebutnya akan mampu membantu upaya penulisan atau riset penulis.

Ratna Istianah yang menginisiasi penerbitan antologi ini mengatakan program KPPS itu merupakan usaha sungguh-sungguh untuk meningkatkan jumlah penulis dan kualitas karya dari Kota Sukabumi. Ratna menyebut, mendapat sambutan positif berbagai pihak atas gagasan peningkatan kualitas kepenulisan perempuan di Sukabumi.

0 Komentar