Desa Talaga dan Caringin Wetan Ditetapkan Kampung Perikanan Budidaya

Desa Talaga dan Caringin Wetan Ditetapkan Kampung Perikanan Budidaya
0 Komentar

CARINGIN – Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi kegiatan Kampung Perikanan Budidaya di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Berkah Koi Desa Caringin Wetan Kecamatan Caringin, Jumat (16/12) lalu.

Kadis Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati, mengatakan bahwa diketahui dari hasil evaluasi menetapkan bahwa Desa Talaga dan Desa Caringin Wetan merupakan salah satu dari 130 Desa di Indonesia sebagai lokasi Kampung Perikanan Budidaya yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Kepmen No 16 Tahun 2022.

“Penetapan Kampung Ikan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi lokal di pedesaan. Harapannya, melalui pengembangan kampung-kampung ikan yang sesuai potensinya, maka akan tercipta lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan masyarakat dan berdampak baik langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian regional daerahnya,” jelas Nunung.

Baca Juga:Cabuli Anak Tiri, Oknum Pengacara Diciduk Polres SukabumiAntisipatif Hadapi Pengamanan Nataru, Siaga dan Proaktif Terhadap Aktivitas Masyarakat

Hal ini, lanjut dia, juga sejalan dengan kebijakan pembnagunan Kabupaten Sukabumi. Dimana pengembangan kawasan merupakan salah satu target dari RPJMD.

Berdasarkan hasil evaluasi, tahun 2022 lalu. Tercatat telah ada berbagai kegiatan yang mendukung program kampung perikanan budidaya, diantaranya pemberian bantuan sarana produksi berupa induk, benih dan pakan ikan, lalu dukungan peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan kelembagaan seperti pembentukan Koperasi. (ist)

0 Komentar