Sistem Pangan Kota Sukabumi Diakui Dunia

Sistem Pangan Kota Sukabumi Diakui Dunia
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN SH – Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada menerima kunjungan Head of Milan Urban Food Policy Pact (MUFPP) Secretariat Mr Filippo Gavazzeni di Balai Kota Sukabumi, kemarin (9/1).

Kedatangan MUFPP ini karena Kota Sukabumi menjadi bagian dari pengembangan sistem pangan kota berkelanjutan di dunia.

Selain Head MUFPP Secretariat, hadir pula Steering Committee MUFPP Regional Asia Pasifik Gin Gin Ginanjar, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Iskandar Ishfan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Nuraeni Komarudin, dan Plt Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi Asep Suhendrawan.

Baca Juga:Kader Demokrat-PKS Sisa Tunggu Instruksi Pengamat Politik : Koalisi Pendukung Anies Tetap SolidPemkab Optimus RSUD Sagaranten Raih Akreditasi Terbaik

“Kami menyambut baik kedatangan Head of MUFPP ke Kota Sukabumi dalam pengembangan sistem pangan kota berkelanjutan,” ujar Dida.

Pada kesempatan itu Dida menyampaikan tantangan dalam bidang pertanian di kota terkait ketersediaan lahan pertanian dan sumber daya manusia untuk petani yang mengolah lahan itu.

Namun tantangan ini menjadi peluang untuk pengembangan dan selama ini digulirkan berbagai inovasi yang diciptakan DKP3 dalam pengembangan sistem pangan.

“Sehingga Kota Sukabumi bisa menjaga sektor ketahanan pangan bagi warganya,” tuturnya.

Sekretaris DKP3 Kota Sukabumi Susiana menambahkan, berbagai langkah dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan. Inovasi dan strategi ini diperlukan karena selama inu ketersedian pasokan pangan 70 persen dari luar daerah.

Salah satunya dengan kegiatan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B). Selain itu dengan menggerakan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanam cabai dengan menginisiasi Gerakan Tanam Cabe Untuk Kendalikan Inflasi (Gertabe U-Kensi).

Steering Commitee Regional Asia Pasifik MUFPP, Gin Gin Ginanjar, menerangkan kunjungan ini untuk menguatkan jejaring kota terlibat dalam misi bersama membangun sistem pangan kota berkelanjutan.

Baca Juga:Potensi UMKM Sukabumi Menjanjikan, Hanya Masih Terkendala Promosi dan Ekspansi UsahaBappeda Kota Sukabumi Pastikan Implementasi RPJMD Sesuai Target

“Kami hadir di Kota Sukabumi karena menjadi salah satu daerah dari 11 kota di Indonesia yang sangat aktif untuk ikut beberapa pertemuan dan diskusi kegiatab MUFPP,” kata Gin Gin.”

Karena itu, MUFPP mengapresiasi sehingga menyempatkan diri berkunjung langsung ke Sukabumi. Nantinya MUFPP bisa melihat apa yang menjadi perhatian pengembangan pangan di Sukabumi.

“Momen ini jadi pembelajaran dan punya komitmen ada pengembangan pangan perkotaan,” ucap Gin Gin yang sekaligus menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung.

0 Komentar