Menteri Ketenagakerjaan RI Peringati K3 Nasional di Sukabumi

Menteri Ketenagakerjaan RI Peringati K3 Nasional di Sukabumi
0 Komentar

CICURUG – Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr.Hj. Ida Fauziyah mendatangi Kabupaten Sukabumi untuk menghadiri puncak acara peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Tahun 2023 (K3) Nasional di PT.Amerta Indah Otsuka, Kecamatan Cicurug, Kamis (13/01).

Kegiatan ini mengusung tema Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.

Dalam kesempatan yang sama, dilaksanakan juga simulasi penanganan bencana dan talk show dengan founder narasi TV Najwa shihab terkait dengan free TBC workplaces.

Baca Juga:Lakalantas Tunggal di Jampangkulon Akibatkan Satu Warung Rusak ParahDinas Perikanan Bina Koperasi Pembudidaya dan Pengolahan Ikan

Menaker dalam sambutannya mengatakan peringatan Bulan K3 Nasional tahun ini fokus pada masalah kesehatan tenaga kerja, yakni masih tingginya penderita TBC di tempat kerja menurut WHO Global TBC Report 2021.

“Kementerian Ketenagakerjaan telah menerbitkan Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah dalam meningkatkan program K3, khususnya upaya percepatan penanggulangan TBC untuk mencapai target eliminasi pada tahun 2030,” ungkapnya

Menurutnya, dengan di canangkannya bulan K3 nasional ini diharapkan manajemen atau penyedia kerja dapat berpartisipasi aktif terhadap penanggulangan TBC di tempat kerja, dimulai dari saat seleksi pekerja, higiene sanitasi di tempat kerja hingga gotong royong perbaikan perumahan pekerja.

Sementara Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri yang hadir dalam kesempatan tersebut menegaskan penyakit ini harus menjadi perhatian setelah terbebas dari Covid-19 dan HIV.

“Ini menjadi perhatian kita untuk dilakukan  di level kabupaten, bagaimana caranya meminimalisir penyakit ini, kemudian menyosialisasikannya dan memberikan pengobatan secara intensif kepada mereka yang mengalami penyakit ini,” katanya. (ist)

0 Komentar