Material Longsor Timbun Rumah Warga

CIEMAS,SUKABUMIEKSPRES – Material Longsor ,Hujan deras yang turun hampir sepanjang hari di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor yang menimpa satu rumah warga di Kampung Ciporeang RT 004/006, Desa/Kecamatan Ciemas, Senin (23/1)

“Tidak ada korban jiwa pada peristiwa bencana tanah longsor itu. Hanya bagian belakang rumah milik Hasanudin jebol,” kata Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna dikutip dari Antara, Senin.

BACA JUGA: Siaga Banjir dan Longsor hingga Maret 2023

Informasi yang dihimpun dari pihak BPBD, kejadian bencana tanah berawal saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan CIemas dan sekitar sejak Ahad (22/1) malam.

Diduga tebing tanah yang berada di belakang rumah warga kondisi sudah labil dan akhirnya longsor selanjutnya menimbun bagian rumah milik Hasanudin pada Senin, (23/1) sekitar pukul 02.00 WIB.

Penghuni rumah yang tengah terlelap tidur seketika dikejutkan dengan suara dentuman yang berasal dari ruang belakang dan setelah dilihat ternyata bagian dindingnya sudah jebol oleh material longsor.

BACA JUGA: Lembursitu Wilayah Terbanyak Terjadi Bencana

Menurut Daeng, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Ciemas sudah meninjau lokasi dan pemilik rumah yang dibantu warga serta petugas penanggulangan bencana tengah membersihkan material lumpur.

Hingga saat ini Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciemas masih berada di lokasi untuk melakukan asesmen  terkait bencana tanah longsor.

“Untuk kerugian akibat bencana ini masih dalam perhitungan dan kami pun telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk segera mengirimkan bantuan darurat berupa bahan material bangunan untuk memperbaiki bagian rumah yang terdampak,” ujarnya.

Daeng mengimbau kepada penyintas bencana maupun warga yang tinggal di sekitar untuk tetap waspada antisipasi terjadinya longsor karena hujan masih turun ditambah kondisi tanah tebing sudah labil. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *