Isu Penculikan, Orang Tua tak Perlu Cemas Berlebihan

Isu Penculikan, Orang Tua tak Perlu Cemas Berlebihan
0 Komentar

PALABUHANRATU, SUKABUMIEKSPRES-Isu Penculikan, Maraknya isu penculikan anak, membuat orang tua khawatir Menanggapi hal itu, Polres Sukabumi buka suara.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Sukabumi, Iptu Bayu Sunarti mengatakan, para orang tua tidak perlu takut atau cemas berlebihan.

“Orang tua harus bisa memberikan pemahaman kepada anak agar tidak mudah percaya atau terpengaruh pada orang yang tidak dikenal, Ajarkan anak agar lari menjauhi orang tersebut serta segera melaporkan kepada orang tua atau petugas keamanan terdekat,” tutur Bayu, Selasa (31/1/23).

Baca Juga:Bahas PTSL, Iyos Ikuti Rakerda BPN JabarSparks Forest Adventure, Taman Rekreasi Keluarga Terlengkap di Sukabumi

Dia juga mengimbau masyarakat agar segera bertindak jika melihat orang yang mencurigakan di sekitar lingkungan masing-masing.

“Segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat atau ke RT, RW. Sehingga bisa dengan cepat ditindak lanjuti,” tegasnya.

Ia menekankan bahwa peran aktif masyarakat sangat penting untuk mencegah peristiwa penculikan terjadi, Selain penculikan, masyarakat juga dapat membantu polisi dalam mencegah kekerasan, pelecehan, atau kriminal pada anak. Bila perlu antar dan jemput anak sekolah, Itu lebih aman.” ujarnya

Selain itu, Bayu meminta para orang tua agar tidak memberikan barang-barang mewah kepada anak.

“Itu bisa menarik perhatian pelaku kejahatan untuk berbuat jahat, karena ingin menguasai barang berharga tersebut,” tandasnya. (ist)

0 Komentar