Kurun Sebulan Terjadi 15 Kali Bencana

Kurun Sebulan Terjadi 15 Kali Bencana
0 Komentar

CIKEMBAR,SUKABUMIEKSPRES –                 Kurun Sebulan, Memasuki awal tahun, bencana masih terus terjadi di Kabupaten Sukabumi. Selama Januari saja, tercatat ada 15 kali bencana di wilayah yang digadang-gadang terluas kedua se-Jawa dan Bali.

“Tanah longsor mendominasi kejadian bencana pada Januari 2023,” kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi dikutip dari Antara, kemarin (1/2).

Adapun rincian kejadian bencana sesuai data BPBD setempat untuk bencana tanah longsor sebanyak tujuh kejadian, angin kencang atau puting beliung ada empat kejadian, banjir dua kejadian, pergerakan tanah satu kejadian, dan bencana lain-lain satu kejadian.

Baca Juga:Pemkot Sukabumi Sosialisasikan Seleksi Anggota PaskibraMusrenbang Kecamatan Cibeureum, Perencanaan Program Pembangunan Harus Maksimal

Dampak dari bencana itu sebanyak enam unit rumah rusak, delapan unit rumah terancam dan fasilitas sosial dan umum serta sarana lainnya yang rusak sebanyak tujuh unit.

Kemudian untuk warga yang terdampak sebanyak 13 kepala keluarga (KK) atau 38 jiwa dan satu KK atau delapan jiwa mengungsi. Namun dari belasan kejadian bencana ini tidak ada korban luka apalagi meninggal dunia.

“Dari hasil perhitungan dan pendataan, akibat bencana yang terjadi sepanjang Januari tersebut kerugiannya mencapai Rp190 juta,” tambahnya.

Daeng mengatakan 15 kejadian bencana tersebut tersebar di 11 kecamatan. Bencana paling banyak terjadi di Kecamatan Ciemas sebanyak empat kejadian, kemudian Kecamatan Nagrak dua kejadian, serta masing-masing satu kejadian di Kecamatan Cicantayan, Simpenan, Warungkiara, Cicurug, Purabaya, Cidolog, Cisolok, Kadudampit dan Surade. (ant)

0 Komentar