Tiga Isu Strategis Pembangunan Kelautan dan Perikanan

Tiga Isu Strategis Pembangunan Kelautan dan Perikanan
0 Komentar

PALABUHANRATU,SUKABUMIEKSPRES – Tiga Isu Strategis, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati mengikuti kegiatan Forum OPD Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat di Grand Preanger hotel Bandung, Rabu (8/2).

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsatmaja, kegiatan diikuti oleh para Kepala Organisasi Perangkat daerah yang membidangi Kelautan dan Perikanan serta Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya Sekda Provinsi Jabar memaparkan urgensi forum OPD kelautan dan perikanan diantaranya untuk memberikan masukan, Pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah, penjabaran visi dan misi kedalam program kegiatan serta dasar penyusunan rencana kerja perangkat daerah.

Baca Juga:Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Tipu Gelap CuranmorTerbongkar, Sandiaga Uno Bakal Hadiri Harlah ke-50 PPP

Sementara Kadiskan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati, menegaskan peran sektor kelautan dan perikanan Indonesia adalah sebagai sumber penghidupan dan kehidupan masyarakat pesisir, memberikan kontribusi PDB dan sebagai penyangga lingkungan.

” Ada 3 poin penting yang menjadi isu strategis pembangunan kelautan dan perikanan yaitu kualitas sumber daya manusia dan daya saing produk kelautan dan perikanan di era industri 4.0 sehingga diperlukan peningkatan kualitas dan aksesibilitas pelatihan serta keahlian kepada nelayan, peningkatan upaya penjaminan sosial dan ketenagakerjaan, penerapan teknologi tunnel dan teknologi terapan lainnya kepada petambak garam,” jelasnya.

Selain itu perlunya penerapan internet of thing pada perikanan tangkap (smart fishing) dan autofeeder pada perikanan budidaya, diperlukan juga fasilitasi perizinan kepada pelaku usaha budidaya, pengolahan dan perikanan tangkap, fasilitasi dan pelatihan pemasaran produk kelautan dan perikanan serta pembinaan kelompok pengawas masyarakat.

Isu strategis yang kedua adalah pengelolaan kelautan dan perikanan berkelanjutan. Usaha yang bisa dilakukan untuk menangani isu ini diantaranya Peningkatan kawasan konservasi di Jawa Barat

Ketiga adalah disparitas pembangunan kelautan dan perikanan utara dan selatan Jawa Barat.

“Penambahan luas kawasan konservasi laut yang dapat meningkatkan perlindungan habitat penting untuk pemijahan ikan dengan tujuan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya ikan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah dan meningkatkan kesejahteraan nelayan,” ungkapnya.

0 Komentar