Rumah Warga Tergerus Longsor Aliran Sungai Cihalimun

Rumah Warga Tergerus Longsor Aliran Sungai Cihalimun
0 Komentar

CIBADAK, SUKABUMI EKSPRES – Rumah Warga,Tebing di bantaran Sungai Cihalimun di Desa Ciheulang Tonggoh Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi mengalami longsor, Minggu (26/2) dini hari.

Kemarin (27/2) pagi terjadi longsor susulan yang mengakibatkan bagian bangunan rumah salah seorang warga tergerus.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cibadak, Daming Supriatna, mengatakan lokasi longsor berada di Kampung Gudang RT 04/06. Sebuah tebing di bantaran Sungai Ciheulang dengan tinggi 30 meter dan panjang 20 meter tergerus longsor.

Baca Juga:Sejumlah Sekolah di Kota Sukabumi Ajukan Diri Bisa Sandang Status CBMPenutup Pohon Plat Besi Banyak Dicuri

“Kejadian awalnya kemarin (Minggu) sekitar pukul 02.00 WIB. Kami bersama BPBD sudah mengingatkan kepada pemilik rumah yang terdampak agar berhati-hati karena khawatir terjadi longsor susulan,” kata Daming, kemarin.

Kekhawatiran itu terbukti. Sekitar pukul 06.00 WIB kemarin terjadi longsor susulan. Akibatnya, bagian belakang atau dapur di rumah warga kembali tergerus.

“Semalam pas dicek juga sudah miring di bagian belakang karena tebingnya tergerus longsor,” jelasnya.

Daming menyebut di kawasan tersebut memang rawan terjadi tanah longsor karena berada di bantaran sungai. Berdasarkan data desa setempat, sejak 2007 setidaknya terdapat 8 rumah yang terdampak.

“Dua rumah di antaranya sudah hilang karena tergerus longsor di aliran Sungai Cihalimun,” terangnya.

Daming menuturkan tidak ada korban jiwa pada kejadian itu. Pasalnya, sejak Minggu malam penghuni rumah sudah mengungsi ke rumah keluarga atau kerabatnya.

Kejadian itu sudah dilaporkan ke BPBD Kabupaten Sukabumi dan ke provinsi. Saat ini sedang dimusyawarahkan untuk merelokasi warga di sekitar lokasi.

Baca Juga:Sejumlah Wanita Cantik jadi Korban PenipuanFPD Bappeda Kota Sukabumi Susun RKPD 2024

“Insya Allah nanti pada Selama malam kami akan bermusyawarah untuk relokasi sementara bagi warga terdampak,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar