Tips dan Trik Mengajarkan Anak Puasa

Tips dan Trik Mengajarkan Anak Puasa
Mengajarkan Anak dalam Melaksanakan Puasa
0 Komentar

Bulan penuh keberkahan akan tiba beberapa hari lagi, sudahkan kita mengajarkan anak kita untuk menyambut bulan ramadhan dan mengajarkan mereka puasa sejak dini? Bagi orang tua, kita perlu memberikan pemahaman terhadap anak.

Kehadiran bulan suci Ramadhan memang sangat dinanti-nanti bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan mewajibkan kita untuk menjalankan ibadah shaum selama satu bulan penuh. Bagi orang yang sudah beranjak dewasa, menjalankan ibadah tersebut memang wajib hukumnya tanpa terkecuali. Namun bagi kita yang sudah memiliki buah hati, perlukah kita mengajarkan buah hati kita untuk mengenal puasa dan bulan Ramadhan ini.

Hal ini berkaitan dengan hadist dilansir dari muslimah.or.id, Al-Bukhari meriwayatkan Hadist dengn sanad mu’allaq dari Umar r.a, ia berkata bahwa “beliau berkata pada orang yang sedang mabuk di bulan Ramadhan ‘Celakalah kamu! Anak kecil saja berpuasa‘.”

Baca Juga:Berita Terbaru 1 Maret 2023 Harga BBM Kembali NaikWarisan Budaya Padi Hitam Bagi Masyarakat Subang

mengajarkan anak untuk melakukan ibadah shaum bukanlah hal yang mudah. banyak sekali tantangan dan juga masalah yang setiap orang tua jumpai dalam mengajarkan anak untuk mengikuti ibadah Ramadhan. Bahkan banyak dari sekian permasalahan yang terjadi itu adalah dari sikap dan juga perilaku orang tua yang setengah hati dalam mengajarkan anak-anak melakukan puasa.

Banyak upaya bagi orang tua agar tidak lagi mengalami kesulitan dalam mendidik dan mengajarkan anak untuk belajar puasa. Setiap orang tua perlu mengetahui alasannya mengapa mendidik anak untuk puasa itu sangat penting. Dilansir dari Gramedia.com ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa ibadah shaum bagi anak terdapat sebuah manfaat bagi kesehatan secara fisik dan juga baik untuk kesehatan mental anak untuk pertumbuhannya bagi masa yang akan datang kelak.

Mengapa Puasa Baik Untuk Anak?

Pada hakikatnya, puasa adalah menahan diri dari segala godaan yang ada. menahan diri ini merupakan tidak makan dan tidak minum, mengendalikan emosi diri dan juga memperkuat ibadah. Menahan diri inilah yang merupakan melatih mental kita, dan juga sangat baik bagi anak untuk membentuk anak menjadi pribadi yang baik, tangguh, tidak mudah menyerah, serta meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

0 Komentar