Jangan Salah Beli Oli Motor! Begini Cara Baca Kode Pada Oli: Simak Ulasannya!

Jangan Salah Beli Oli Motor! Begini Cara Baca Kode Pada Oli: Simak ulasannya!
Ilustrasi Oli Motor/sumber foto: gridoto.com
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Biasanya setiap membeli oli kita hanya melihat merk dari oli tersebut atau bahkan hanya sekedar membeli tanpa memperhatikan apapun, tapi taukah kamu bahwa dalam setiap kemasan oli terdapat tulisan SAE, JASO, dan API . Jangan salah tulisan-tulisan itu mengandung makna loh, jadi jangan sampai kamu salah beli oli motor sobat otomotif. Berikut merupakan penjelasan mengenai kode dari oli.

BACA JUGA: Toyota Alphard Punya Tiruan Versi Mini, Cuma 86 Jutaan! Minat Beli?

Kode Oli SAE

Kode oli SAE ini merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineer untuk mengidentifikasi kekentalan oli. SAE adalah asosiasi yang mengatur standarisasi di berbagai bidang seperti bidang manufaktur dan bidang rancang desain Teknik.

Baca Juga:Toyota Alphard Punya Tiruan Versi Mini, Cuma 86 Jutaan! Minat Beli?Warunk Upnormal Sepi dan Banyak Tutup Gerai, Asosiasi Ritel Beberkan Penyebabnya

Pada kemasan oli terdapat kode SAE 10W-30, 10W-40 atau 20W-40, 20W-50. Huruf W tersebut mengandung singkatan dari ‘Winter”. Formulasi oli disesuaikan pada musim dingin dan panas. Sehingga pada musim dingin oli tidak mengental dan pada musim panas oli tidak encer ketika mesin dalam keadaan mati.

Jadi dalam kode tersebut mengandung arti kekentalan suatu oli, semisal oli dengan kode 5w-35 artinya oli tersebut memiliki kekentalan 5w pada saat mesin mati, dan 35 pada saat mesin hidup. Semakin kecil angka awal sebelum huruf W semakin encer kekentalan olinya. Begitupun sebaliknya semakin besar angka awal sebelum huruf W maka semakin kental.

Kode Oli JASO

Kode oli berikutnya yaitu JASO. JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standard Association. Ini merupakan lembaga Jepang untuk standarisasi kualitas oli.

Dalam oli JASO diikuti dengan 2 huruf, yaitu MA dan MB. Kode MA ini memiliki arti oli yang cocok digunakan oleh motor dengan kopling basah, contohnya seperti motor bebek atau motor sport. Fungsi oli ini yaitu akan membuat gesekan kopling tidak selip.

Selanjutnya kode MB biasa digunakan untuk oli motor matic, motor matic ini memiliki kopling kering. Oli dengan kode JASO MB  ini memiliki daya gesekan yang lebih rendah daripada JASO MA.

0 Komentar