Roberto Firmino Tinggalkan Liverpool pada Akhir Musim

Roberto Firmino
Penyerang Liverpool Roberto Firmino (Foto: GettyImages)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Akhir dari sebuah era, Roberto Firmino pemain asal Brasil akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim nanti.

Pemain berusia 31 tahun tersebut memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada bulan Juni nanti. Pihak klub sejatinya telah menawarkan perpanjangan kontrak namun Firmino menegaskan bahwa ia menginginkan tantangan baru.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Bobby (sapaan yang ia dapatkan dari rekannya) memberi tahu Jurgen Klopp secara personal tentang keinginannya untuk pindah. Meskipun didatangkan oleh Brendan Rodgers, pemain internasional Brasil tersebut berhasil menjadi pemain kunci bagi Jurgen Klopp. Firmino sendiri didatangkan dari klub Jerman, Hoffenheim seharga 29 juta euro pada tahun 2015.

Baca Juga:Dota 2 Kehilangan Lebih dari 40 Ribu Pemainnya, Kok Bisa?Negara Ini Membayar Wisatawan Untuk Berkunjung!

Selama 8 musim berseragam Liverpool, Firmino berhasil membantu klub asal Merseyside tersebut kembali ke habitatnya. Mulai dari menjuarai Liga Inggris hingga Liga Champion. Kepergiannya merupakan sebuah sinyal bahwa akan terjadi perubahan besar-besaran yang akan dilakukan oleh Jurgen Klopp yang sejatinya ingin Firmino bertahan.

Pemain yang terkenal dengan ketidakegoisannya tersebut adalah bagian dari trio terbaik dalam sejarah Liverpool. Trio Mane, Salah dan Firmino adalah merupakan trio yang cukup ditakuti baik di kancah Liga maupun Eropa. Total 338 gol telah mereka cetak selama lima musim bermain bersama.

Kehilangan pemain yang “rela berkorban” untuk rekan-rekannya tentu menjadi lubang yang harus segera ditutupi oleh The Reds. Kehadiran Darwin Nunez dan Cody Gakpo dirasa belum cukup mengingat mereka berdua masih berada dalam periode adaptasi. Di musim ini Firmino hanya bisa mencatatkan 11 kali sebagai starter di Liga. Terakhir kali ia masuk kedalam starting XI Jurgen Klopp adalah pada bulan November 2022. Selain cedera yang dialami, performa buruk klub juga berpengaruh karena Klopp sering melakukan rotasi.

Legenda Liverpool Jamie Carragher mengatakan bahwa kepergian pemain bernomor punggung 9 itu merupakan keputusan terbaik bagi kedua belah pihak. “Jika berita mengenai kepergian Firmino pada akhir musim benar, maka ini adalah keputusan terbaik untuk semua pihak yang terlibat”, ucapnya melalui Twitter. “Ia masuk kedalam jajaran pemain terbaik Liverpool dan akan diingat sebagai bagian dari salah satu trio terbaik yang pernah ada (bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane).”

0 Komentar