Warga Salahkan Anies Baswedan Atas Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Warga Salahkan Anies Baswedan Atas Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Warga Salahkan Anies Baswedan Atas Kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Foto @aniesbasweda
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara pada Jumat malam tanggal 3 Maret 2023. Warga salahkan Anies Baswedan atas hal ini.

Kebakaran tersebut merembet ke permukiman warga Tanah Merah yang tidak jauh dari tempat kejadian. Kabakaran ini pun menyebabkan belasan orang meninggal dunia dan ratusan orang terluka.

Dugaan awal kebakaran ini menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah disebabkan oleh gangguan teknis.

Baca Juga:Bandung Gokil! Gelar OLX Autos IMX 2023 “Retro vs Modern”Tempat Untuk Healing di Bandung (D’Pakar)

“Sipatnya teknis. Sehingga nanti bisa jelaskan secara Scientific Crime Investigation tentang peristiwa yang sebenarnya.” Kata Sigit di Depo Pertamina Plumpang

Kejadian sekarang adalah kali kedua. Pernah dialami juga sebelumnya kebakaran hebat ini di Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara pada minggu malam 18 Januari 2009.

Kebakaran tersebut terjadi kerena human error. Pertamina mengatakan dampak kebakaran ini telah menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp17 miliar. Korban jiwa berjumlah satu orang, yaitu petugas keamanan di tempat itu.

Rumah padat penduduk di kawasan Tanah Merah Bawah, Koja Jakarta Utara habis dilapap si jago merah. Lahan tanah tersebut dari dulu sudah menjadi sorotan public.

Joko Widodo sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta pernah berkunjung ke tempat tersebut pada 2012 lalu.

Setelah terpilih menjadi Gubernur, setahun kemudian Joko Widodo menempati janji mengeluarga warga diwilayah itu. Sebanyak 715 jiwa Kartu Keluar (KK), dan 1.665 jiwa. Karena kawasan tersebut dianggap tidak aman untuk ditempatin.

Selajutnya Anies Baswedan pernah berkata dengan warga Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja Jakarta Utara sebelum menjadi Gubernur. Ia menyodorkan kontran politik dengan warga bila ia menang dalam Pilihan Gubernur di 2017 silam.

Baca Juga:Sebelum Kejadian yang Sekarang, Ternyata Pertamina Plumpang Pernah Kebakaran Juga di Tahun 2009Seperti Hilang Ditelan Bumi, Aldila Jelita Tidak Ada Kabar Usai Gugat Cerai Indra Bekti

Dalam kontrak warga meminta Anies untuk memenuhi hak dan melindungi warga disana. Dan warga meminta untuk melegalkan kepemilikan tanah itu karena mereka telah menetap selama puluhan tahun di tahan tersebut.

Anies juga dalam kontrak itu meminta untuk tidak melakukan penggusuran, serta warga juga meminta penataan ekonomi untuk mereka.

Warga Tanah Merah akan mendukung pasangan Anies-Sandi untuk memenangkan pilihan Gubernur sebagaimana yang telah disepakati.

Dalam hal kebakaran ini warga menyalahkan Anies Baswedan yang telah mempertahankan kawasan Tanah Merah itu untuk menjadi pemukiman.

0 Komentar