Bunga Edelweis Adalah Tanaman yang Dilindungi, Kenapa ?

Bunga Edelweis Adalah Tanaman yang Dilindungi
Bunga Edelweis Adalah Tanaman yang Dilindungi. foto : Pinterest
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES –  Tanaman Bunga Edelweis adalah tanaman yang dilindung pemerintah. Karena itu bunga Edelweis tidak boleh dipetik dan dibawa.

Peraturan yang menerangkan bahwa Bunga Edelweis dilindungi, terdapat dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 19099 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem.

Dalam peraturan tersebut menyatakan bahwa jika ada yang memetik bunga Edelweis akan dikenakan sanksi paling besar Rp100 juta rupiah.

Baca Juga:Setelah Viral Karena Membakar Motor, Event Trail Di Ranca Upas Sekarang Malah Merusak Kebun EdelweisKenapa Hari Perempuan Internasional Diperingati? Ini Alasannya

Ketua Kelompok Tani Edelweis Hulun Hyang, menyatakan bahwa tedapat beberapa alasan yang menjadi larangan memetik Edelweis.

Salah satunya adalah karena keberadaan bunga ini ada di kawasan konservasi. Jadi, apapun yang berada di kawasan konservasi mau itu tanaman ataupun hewan berhak dilindungi.

Memiliki kelopak bunga berwarna putih membuat bunga Edelweis terlihat sangat cantik. Edelweis sering disebut juga dengan bunga abadi karena Edelweis memiliki kandungan hormon etilen yang ferfungsi agar bunganya tidak gugur.

Disebut bunga abadi juga karena Edelweis bisa mekar dan bertahan sampai 10 tahun lamanya. Tetapi terancam punah karena beberapa kali dipetik tahun 2017 sampai 2018. Kini masyarakat dan pemerintah berupaya untuk mengembangkan bungi ini

Bunga Edelweis hanya akan mekar pada bulan April-Agustus. Hebatnya bunga ini tidak mudah layu meskipun sudah dipetik dan disimpan  lama.

Salah satu alasan bunya Edelweis dilingdungi adalah karena bunga ini hanya akan tumbuh di daerah dataran tinggi saja. Seperti pegunungan.

Indonesia Edelweis dapat ditemukan di Desa Wonokitri, Pasuruan Jawa Timur. Tanaman tersebut berapa di ketinggian 1.900 meter dan masih satu jalur dengan gunung Bromo.

Baca Juga:Sindrom Lewis Capaldi Kambuh Saat Konser, Malah Dibuat Kagum Oleh FansnyaMaliq & D’Essentials Akan Gelar Konser Tanda Sudah 20 Tahun Berkaya, Hari Ini Pemesanan Tiketnya

Selain di Bromo, Edelweis pun terdapat di gunung Lawu, gunung Rinjani, gunung Pangrango, gunung Gede, gunung Kawi, gungung Papandayan. Dan dataran tinggi Dieng

Bunga Edelweis pun Bunga yang terancam punah,  karena sering dipetik oleh masyarakat dan Bunga ini lama proses penanamannya.

Seperti contoh di gunung Bromo. Bunga Edelweis di gunung Bromo sudah punah karena sering diambil oleh para pendaki yang tidak bertanggungjawab.

Untuk itu, kita sebagai masyarakat yang mencintai tanaman bunga Edelweis ini harus menjaganya dengan baik agar tidak punah. Biarkan anak cucu kita pun tau bahwa ada bunga seindah Edelweis di tanah air ini.

0 Komentar