Es Lumut Viral TikTok Cocok Jadi Takjil Buka Puasa, Berikut Resepnya

Es Lumut Cocok Untuk Talkjil Puasa. Sumber Foto: Tangkapan Layar Kanl YouTube wulandari dr.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Makanan mau pun minuman manis nan segar umumnya menjadi pilihan orang-orang sebagai takjil berbuka puasa. Jika kalian ingin mengonsumsi hidangan yang berisikan makanan dan minuman sekaligus, Es Lumut mungkin jawabannya.

Ya, sajian yang sedang viral di TikTok itu merupakan minuman dengan jeli atau agar-agar di dalamnya. Berikut resep dan cara membuatnya seperti dilansir dari video berjudul “CUKUP DIADUK BISA UNTUNG BERLIPAT JUALAN INI! MINUMAN KEKINIAN YANG LAGI VIRAL SETIKTOK ES LUMUT! di kanal YouTube wulandari dr.

Bahan

Kalian tidak memerlukan banyak bahan dalam membuat Es Lumut. Terhitung hanya ada lima bahan yang dibutuhkan yakni:

Baca Juga:Roster Timnas PUBG Mobile Indonesia SEA Games 2023 Resmi Diumumkan‘Facundo Pellistri Kudu Lebih Sering Starter di MU’

1. 3 bungkus Nutrijel (10 gram) rasa sesuai selera. Cukup dua bungkus jika menggunakan yang ukuran besar.

2. Pewarna makanan (warna sesuai keinginan)

3. Gula pasir

4. Es batu

5. Susu

Cara pembuatan:

– Pertama masukan tiga bungkus Nutrijel ke dalam panci yang berukuran cukup besar. Kemudian tambahkan air sesuai anjuran pada kemasan yaitu 400 ml/kemasan, sehingga totalnya sekitar 1200 ml.

– Kemudian tambahkan pewarna makanan sesuai selera (warna merah dalam videonya). Kalian dapat menunangkan sedikit saja pewarnanya jika ingin berwarna merah muda.

– Setelah itu, harus segera diaduk-aduk sampai tercampur rata ya. Tambahkan gula pasir, aduk terus agar tak mennggumpal. Pada proses ini ukuran api harus sedang. Lakukan hingga mendidih.

– Ketika sudah mendidih, matikan kompor dan pindahkan adonan ke meja supaya lebih mudah untuk pengemasan.

– Segera pula memasukan jeli ke wadah berisi es batu sebelum jeli dingin. Lalu aduk-aduk dengan cara siram-siram nutrijel panas ke antara es batu agar tidak menggumpal besar-besar.

– Cara tersebut akan membuat jeli membentuk gumpalan kecil-kecil seperti lumut. Aduk terus sampai es batu habis dan air jeli dingin.

Baca Juga:Weghorst ‘Buka Puasa’ di Old Trafford, Ini Fakta Hasil Laga MU vs Real Betis 4-1Dejan/Gloria & Praveen/Melati Kandas, Wakil Indonesia di German Open 2023 Habis

– Apabila masih ada gumpalan besar-besar dapat menggunakan wishker. Aduk hingga agak ditekan untuk membuat tekstur gumpalan menjadi lebih lembut.

– Kalau sudah terlanjur dingin, ambil satu sendok gumpalan. Masukan ke wadah lain dan lalu hancurkan dengan wishker.

– Saat teksturnya sudah pas, tuang satu kaleng susu evaporasi (bisa pula diganti dengan susu cair full cream UHT).

0 Komentar