Mandi Junub Sebelum Puasa Ramadhan

Mandi Junub Sebelum Puasa Ramadhan
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Sebelum Puasa Ramadhan Menjelang Bulan Puasa Ramadhan yang akan datang dalam 14 hari lagi, banyak tradisi yang dilakukan masyarakat. Salah satunya tradisi mandi Junub sebelum Puasa Ramdhan.

Tradisi itu sudah berlangsung secara turun temurun sejak nenek moyang mereka, sedangkan sesungguhnya tidak ada tuntunan khusus yang mengajarkan hal tersebut.

Karena Mandi junub tidak masuk analisis rukun maupun syarat sahnya puasa, Namun orang megira bahwa memasuki bulan Ramadhan yang suci. Maka tubuh dan jiwa pun harus suci

Baca Juga:Ungkap Kasus Penganiayaan, Personel Polres Sukabumi Diganjar PenghargaanPemkot Sukabumi Komunikasikan Perbaikan Ruas Jalan Rusak

Salah satu upaya mensucikan tubuh adalah dengan mandi junub untuk membersihkan semua kotoran atau hadas besar.

Bukan halnya bila seseorang memang dalam kondisi Junub atau tangah hadas besar sebelum men jalankan puasa, maka wajib untuknya melaksanakan mandi junub.

Hal ini juga dijelaskan didalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukari muslim:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki waktu subuh, sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya. Kemudian, beliau mandi dan berpuasa.” (HR. Bukhari 1926 dan Tirmudzi 779).

Namun perlu ditegaskan dalam hal ini, bahwa Rasulullah melakukan mandi wajib sebelum berpuasa, bukan karena untuk menyambut bulan Ramadhan, tetapi untuk menyucikan dirinya dari hadas besar agar bisa memenuhi syarat wajib berpuasa.

Karena mandi Junub lain merupakan salah satu rukun wajib atau syarat sahnya ibadah puasa Ramadhan.

Meski begitu perlu diketahui gimana tata cara melakukan mandi junub bila dalam kondisi hadas besar dan menjelang puasa Ramadhan,
Writer: Haikal

0 Komentar