Pilih Makanan Manis Untuk Buka Puasa Jangan Asal, Simak Tips-nya!

Ilustrasi Kolak Pisang Makanan Manis Favorit Bulan Puasa.
Kolak Pisang Makanan Manis Favorit Bulan Puasa. Sumber Foto: Pixabay.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan Ramadhan 2023. Sebagai salah satu hal identik dari Ramadhan, waktu berbuka adalah momen di mana orang dapat membatalkan puasanya dan biasanya dengan makanan bercitarasa manis. Meski demikian, memilih makanan manis mau pun takjil sebagai menu buka puasa tidak bisa sembarangan.

Menurut Desi Trisnawati koki jebolan Masterchef Indonesia Season 2, makanan manis untuk buka puasa tidak harus selalu yang memiliki kandungan gula pasir. Hal ini diungkapkan olehnya dalam acara #PILIHMASAK yang diadakan oleh Cookpad di Jakarta, Kamis (23/2).

“Tapi kan kata ‘manis’ gula itu kan nggak berarti gula pasir. Manis itu tidak berarti dalam bentuk,” ucap Desi seperti dikutip dari Antaranews.com.

Baca Juga:Butuh Counter Terbaik Khufra? 3 Hero MLBB lni JawabannyaRekomendasi Laptop Gaming RP11 Jutaan, Minat Beli?

Orang yang menjalankan puasa harus meningkatkan kadar gula pasca berpuasa agar tubuh tidak lemas. Hal ini sebab satu hari berpuasa berpotensi membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi rendah.

Desi juga mewanti-wanti bahwa mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi dapat menyebabkan risiko Kesehatan seperti diabetes. Dia mengatakan, contoh makanan untuk buka puasa dengan kadar gula tinggi yaitu es buah yang ditambahkan sirup dan susu.

Maka dari itu Desi Trisnawati menyarankan makanan manis dengan gula alami seperti buah sebagai menu berbuka puasa. Ia pun paham diperlukan proses dalam menerapkan pola makanan manis alami untuk buka puasa mengingat mengonsumsi makanan manis sebagai pembatal puasa sudah menjadi kebiasaan.

“Kitalah orang yang memulai untuk memutuskan tali rantai itu dengan memilih makan yang sehat, memilih gula yang sehat, itu yang bisa dipertimbangkan,” ucap dia.

Sementara itu dr. Saddam Ismail dalam kanal YouTuba-nya saat membahas tips sehat saat berbuka puasa juga menyebut mengonsumsi makanan manis dan berlebihan tidak baik bagi pencernaan. Saddam sebagaimana dilansir dari  MSN menyarankan agar orang beralih ke menu takjil jenis buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat.

Kalian bisa mengonsumsi tiga buah kurma dan minum satu gelas air, atau pun buah pisang, melon, semangka, dan lainlain. Bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, kolak pisang, hingga kolak ubi juga boleh dikonsumsi, namun tanpa santan.

0 Komentar