Masuk Daftar Seafood Terenak di Dunia, Pempek Ternyata Punya Nama Asli

Pempek Masuk 5 Besar Seafood Terenak di Dunia.
Pempek Masuk 5 Besar Seafood Terenak di Dunia. Sumber Foto: Pexels.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Kuliner asal Indonesia kembali mendapat pengakuan sebagai makanan paling enak versi TasteAtlas. Setelah pisang goreng menjadi dessert terenak di dunia, kali ini pempek masuk dalam daftar seafood terenak di dunia.

TasteAtlas telah merilis daftar 100 olahan seafood paling enak di dunia pada awal Maret 2023. Hasilnya, pempek masuk dalam lima besar tepatnya posisi empat. Berdasarkan hasil penilaian, makanan ini mendapatkan nilai 4,7 dari 5 bintang.

Peringkat pertama olahan seafood paling enak di dunia versi TheAtlas adalah ameijoas a bulhao pato menu kerang-kerangan asal Portugal. Kemudian diikuti oleh gambas al ajillo dari Spanyol (posisi kedua), dan ceviche mixto dari Perus (posisi ketiga).

Baca Juga:Hasil Drawing 8 Besar Liga Eropa 2022/2023: MU Temu Tim Spanyol LagiKolak Bosenin? 5 Olahan Pisang Ini Bisa Jadi Alternatif Takjil

Pempek juga mampu bertengger di atas makanan populer asal Jepang yaitu sushi. Maguro nigiri sushi menempati peringkat keenam, dan otaro nigiri sushi satu strip di bawahnya.

Sebagai salah satu makanan asal Indonesia, yang populer dari kuliner khas Palembang itu selain varian bentuk atau rasa, jelas namanya. Tapi jika Anda belum tahu, ternyata makanan tersebut punya nama asli.

Instagram Pesona Indonesia memposting perihal terpilihnya pempek sebagai salah satu seafood terenak di dunia versi TheAtlas. Dalam unggahan itu banyak yang dibahas, termasuk nama asli makanannya.

Ternyata pempek memiliki nama asli yaitu Kelesan. Dijelaskan bahwa Kelesan merupakan makanan adat dari Rumah Limas yang punya sifat dan kegunaan tersendiri. Alasan disebut Kelesan lantaran pempek bisa dikeles atau dapat disimpan lama.

Pembuat pempek awalnya adalah orang Palembang. Kemudian dibawa oleh orang China serta dijajakan di Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang pada 1916.

Walau resep turun-temurun yang diketahui adalah dari ikan tenggiri, dahulu kue ikan tradisional Indonesia terbuat dari ikan belida. Namun akibat ikan belida mulai sulit ditemukan, penjual pun menggantinya dengan ikan tenggir.

Di Palembang, mencari pempek tidak akan susah. Pasalnya mengutip Instagram Pesona Indonesia dilansir dari berbagai sumber, lebih dari 280 UMKM di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu menjual pempek dan olahan sejenis.

0 Komentar