Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut Kala Puasa? Ini Tipsnya

Ilustrasi Menjaga Kesehatan gigi dan Mulut Ketika Puasa.
Ilustrasi Menjaga Kesehatan gigi dan Mulut Ketika Puasa. Sumber Foto: Pixabay.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Berbagai tips seputar cara menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa bisa kalian temukan dalam artikel ini. Menjalani ibadah puasa dengan kondisi yang sehat lahir dan batin tentu merupakan dambaan semua umat Islam yang menjalankannya.

Kita dapat melakukan semua kegiatan mulai dari beribadah hingga bekerja secara maksimal ketika dalam keadaan sehat. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan dan seperti salah satunya kesehatan mulut dan gigi. Hal tersebut bukan tanpa sebab mengingat keluhan seputar masalah kesehatan gigi dan mulut pernah dialami oleh banyak orang di bulan puasa.

Melansir dari berbagai sumber, masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut yang biasa terjadi kepada orang ketika bulan puasa seperti: bau mulut, sariawan, sakit gigi, dan mulut kering. Supaya terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan di atas, berikut tips-tips soal cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa.
Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut ketika berpuasa:

Baca Juga:Coba Tips Ini Supaya Tidak Kalap Makan Saat Berbuka PuasaResep Bakso Ayam Ala Chef Jerry Andrean, Ide Menu Bulan Puasa

  1. Memenuhi kebutuhan cairan

Memenuhi kebutuhan cairan dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik sehingga mengurangi risiko bau mulut ketika puasa. Minumlah delapan gelas air mineral atau setara dua liter air, dengan menerapkan pola 2-4-2 setiap harinya selama bulan puasa. Pola 2-4-2 yaitu dua gelas ketika berbuka puasa, empat gelas setelah tarawih/sebelum tidur, dan dua gelas kala sahur.

  1. Mengonsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi makanan bernutrisi seperti buah dan sayur juga cara yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Memenuhi asupan vitamin yang seimbang dari buah dan sayur membantu menghindari terjadinya sariawan dan infeksi, maka mulut menjadi lebih sehat.

  1. Jangan merokok

 

Merokok harus dihindari selama bulan puasa karena bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan gigi dan mulut. Itu di antaranya seperti menimbulkan bau mulut, penyakit periodontal, berubahnya warna gigi, serta peningkatan penimbunan plak gigi. Untuk mengurangi keinginan merokok yang besar, cobalah konsumsi permen mint.

  1. Sikat gigi dua kali sehari
0 Komentar