5 Budaya Indonesia yang Diakui Sebagai Warisan Dunia UNESCO, Keren Banget Loh !

(Sumber Gambar : Pixabay/Budaya Indonesia)
(Sumber Gambar : Pixabay/Budaya Indonesia)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESS – Budaya Indonesia memang beraneka ragam dari sabang hingga merauke memiliki keunikannya tersendiri.

Sebagai negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan, Pemerintah Indonesia sering mengadakan sebuah Events yang ditujukan sebagai pelestarian budaya.

Hal ini perlu untuk digencarkan, karena Tanah Air memiliki berbagai warisan budaya yang perlu untuk di jaga dan dilestarikan.

Baca Juga:4 Negara Terindah Di Dunia yang Menawan, Bisa Jadi Referensi untuk LiburanTips Memilih Warna Tenda Pernikahan, Wujudkan Resepsi Impianmu !

Selain, sering mengadakan acara untuk menjaga kelestrian budaya, Pemerintah pun sedang gencar untuk memperkenalkan budaya nusantara kepada dunia, agar tidak sembarangan diklaim dan diakui oleh negara lain.

Berikut ini, Sejumlah Budaya Indonesia yang diakui sebagai warisan dunia, yuk simak hal berikut ini:

1.Pencak Silat

Yang pertama, ada Pencak Silat yang merupakan budaya Indonesia dan sudah diakui sebagai warisan dunia. Pencak silat secara resmi sudah masuk ke dalam daftar Intergoverment Commite UNESCO, pada tahun 2019 silam.

Kabar baik ini disampaikan oleh Nadjamuddin Ramly yang menjabat sebagai Direktur warisan dan Diplomasi Budaya.

Pencak silat sendiri merupakan seni bela diri asli Indonesia, itu terbukti dari berbagai paguyuban silat yang berdiri di berbagai daerah nusantara.

Bela diri yang satu ini juga mulai populer berkat aktor-aktor yang bermain di film laga dan sudah merambah ke ranah internasional, sebut saja diantaranya Yayan Ruhian, Iko Uwais yang sudah membintangi banyak film Hollywood.

Penetapan Pencak Silat sebagai warisan dunia yang diakui oleh UNESCO, tentu begitu membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia.  Jadi, gimana kalian tertarik juga untuk ikut bela diri pencak silat sahabat biartau?

Baca Juga:Destinasi Selabintana Sukabumi, Menikmati Pemandangan Sunrise yang Sangat Memukau!Destinasi Curug Cikaso Sukabumi, Berbagai Keunikan yang Memikat Hati!

2.Angklung

Angklung merupakan sebuah alat musik yang terbuat dari bahan bambu yang berasal dari tanah pasundan. Cara memainkan alat musik ini cukup unik, yaitu dengan cara digoyang-goyangkan sampai menghasilkan nada-nada tertentu.

Keberadaan musik Angklung masih sangat dijaga dan juga dilestarikan.

Hal itu, terbukti hampir semua jenjang pendidikan, dari SD sampai SMA, menjadikan kesenian Angklung sebagai salah satu pilihan ekstrakulikuler.

Bahkan, Indonesia, memiliki sebuah Museum tersendiri yang bernama Angklung Udjo yang terletak di kota Bandung. Bahkan, Alat musik ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 2010.

0 Komentar