Hidangan Lebaran Paling Sering Dijumpai di Indonesia, Ada Favoritmu?

Hidangan Lebaran Paling Sering Dijumpai di Indonesia, Ada Favoritmu?
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – “Lebaran sebentar lagi….” Ya tidak terasa bulan Suci Ramadhan sudah memasuki hari ke-11 sehingga momen hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Pada Raya Idul Fitri di Indonesia banyak juga hidangan andalan, apa saja?

Hari lebaran menjadi momen di mana setiap orang saling bermaaf-maafan dengan sanak keluarga hingga tetang. Umumnya momen hangat ini dilakukan setelah selesai melaksanakan shalat ied.

Saat mengunjungi ke rumah sanak saudara dan tetangga, kita juga tidak hanya akan saling bercengkrama. Tapi pasti disuguhkan dengan beragam jenis hidangan yang banyak rasa.

Baca Juga:Catat, Ini Tanggal Rilis Yu-Gi-Oh! Official Card Game di IndonesiaNo Oven No Problem, 5 Resep Mudah Kue Kering Lebaran Tanpa Oven

Ada makanan manis, pedas, gurih, tradisional hingga sajian menu-menu kekinian. Di antara itu semua ada hidangan-hidangan yang selalu menjadi andalan setiap hari lebaran tiba.

Berikut beberapa hidangan yang sering dijumpai ketika hari Raya Idul Fitri di Indonesia versi Sukabumi Ekspres. Yuk simak!

1. Ketupat

Ketupat menjadi primadona hari lebaran dengan banyak yang menjualnya pada hari-hari terakhir puasa ramadhan. Adapun bentuk ketupat paling umum ialah berbentuk kubus, dan makanan ini dihidangkan bersama lontong kari dan opor.

2. Lontong Kari dan Opor

Seperti disinggung sebelumnya, lontong kari dan opor ini adalah ‘temannya ketupat’. Lontong kari memiliki warna kuning dari bumbu kari, biasanya berisi daging ayam beserta sayuran seperti wortel dan buncis.

Meski keduanya menggunakan santan tetap ada perbedaan. Opor juga biasanya berisi daging ayam, hanya cenderung berwarna putih dan tanpa tambahan sayur.

3. Rendang

Rendang, kuliner khas Padang, termasuk hidangan lebaran lainnya yang kerap tersedia menjadi pilihan menu sajian lebaran banyak keluarga.

4. Varian Bakso

Kemudian beberapa keluarga di Indonesia juga memilih varian bakso sebagai menu hari Raya Idul Fitri. Paling umum sih bakso kuah dan bakso tahu atau siomay.

5. Puding

Baca Juga:Resep Olahan Keju yang Mudah Dibuat, Bisa untuk TakjilmuJuventus vs Verona 1-0, Ini Alasan Max Allegri Ngamuk Jelang Laga Usai

Puding menjadi paling favorit sekaligus sering dipilih untuk sebagai hidangan dessert. Memang paling umum puding rasa coklat, vanilla, dan stroberi dengan tambahan vla, meski ada pula yang menyajikan puding buah.

Rasanya tidak lengkap ya kalau merayakan hari kemenangan tanpa kue kering, setiap rumah pasti menyediakannya. Mulai dari kaastengel, nastar, putri salju, sampai lidah kucing, dan lain-lain, fix kue kering makanan wajib ketika lebaran.

0 Komentar