7 Waktu Mustajab di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan juga mulia. Pada bulan ini kita sebagai umat Muslim berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala yang berlimpah. Keberkahan dan ampunan senantiasa membanjiri bagi siapapun yang mengharapkannya. Ramadhan juga tentunya menjadi waktu paling baik dalam meminta dan memohon ampunannya.
Sumber: Pixabay
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan juga mulia. Pada bulan ini kita sebagai umat Muslim berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala yang berlimpah. Keberkahan dan ampunan senantiasa membanjiri bagi siapapun yang mengharapkannya. Ramadhan juga tentunya menjadi waktu paling baik dalam meminta dan memohon ampunannya.

Ada beberapa waktu yang baik untuk berdoa di bulan Ramadhan simak beberapa wktu mustajab untuk meminta doa:

1. Ketika Puasa

Rasulullah Salallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:

“Tiga doa yang tidak akan tertolak: Orang berpuasa sampai ia berbuka, imam yang adil, dan doa orang terdzallimi.”  HR at- Tirmidzi no.2526 dan Ahmad no.9743.

2. Ketika Hendak Berbuka

Rasulullah Salallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:

Baca Juga:Tak Sengaja Terkena Api, Jaehyuk Treasure Yakinkan Penggemar Dirinya Baik-baik SajaSampah Skincre Numpuk? Kirim Sampah Skincare mu di Sociolla, Bisa Dapat Point Lho!

“Orang yang berpuasa memiliki kesempatan doa tidak tertolak ketika berbuka” HR Ibnu Majah no. 1753.

3. Ketika Adzan Berkumandang

Rasulullah Salallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:

“Ada dua waktu yang doa tidak akan tertolak, atau kecil kemungkinan tertolaknya saat adzan berkumandang dan ketika dua pasukan sudah saling menyerang.” HR Abu Dawud 250

4. Jeda Antara Adzan dan Iqomah

Rasulullah Salallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:

“Doa antara adzan dan iqomah tidak akan tertolak”  HR at- Tirmidzi no.212

5. Sepertiga Malam Terakhir (Waktu Sahur)

Rasulullah Salallahu’alaihi Wa Sallam bersabda:

“Rabb kita- tabaroka wata’ala-turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Dia berseru “manakah orang yang sedang memanggilku , biar ku jawab panggilannya. Manakah jawab orang yang meminta kepadaku, biar ku berikan permintaannya. Manakah orang yang memohon ampunan kepadaku, biarku berikan ampunan untuknya” HR Al-Bukhari no 1145, 6321, 7404, dan Muslim no.758.

6. Ketika Malam Lailatul Qodr

Aisyah radhiyathu anha bertanya kepada Nabi Muhamad Salallahu’alaihi Wa Sallam

“Wahai Rasulullah, ajarkan kepadaku sebuah doa yang harus ku ucapkan saat aku tahu bahwa suatu malam adalah malam lailatul qodr”

Nabi Muhamad Salallahu’alaihi Wa Sallam menjawab:

“katakanlah: “Ya Allah engkau maha pemaaf, suka memaafkan, maka maafkanlah aku!”

HR at- Tirmidzi no. 383.

7. Pada Hari Jum’at Setelah Asar

Abu hurairah radhiyallahu anhu berkata

0 Komentar