Doa Menjelang Bulan Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Arti

Doa Menjelang Bulan Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Arti
Ilustrasi. Berdoa (iStock/Tinnakorn Jorruang)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Ramadhan tinggal menghitung hitungan hari, sebagai bulan yang penuh berkah, sudah seharusnya kita mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Dalam menyambut bulan Ramadhan, biasanya para umat muslim selalu menyiapkan berbagai hal seperti mempersiapkan iman dan fisik.

Selain mempersiapkan iman dan fisik dalam menyambut bulan puasa, ada bacaan doa menyambut Ramadhan sesuai sunnah yang dapat kita amalkan. Berikut ini adalah beberapa doa menyambut Ramadhan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Doa Sambut Ramadhan

Doa ini dibaca satu hari menjelang bulan Ramadhan atau tepat di akhir bulan syaban

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً.

Baca Juga:Musisi Legendaris Nomo Koeswoyo Meninggal DuniaKejam! Pelajar di Lampung Cekik Bayinya Baru Lahir Hingga Tewas

Allahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Artinya: Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.

2. Doa Menyambut Hilal Ramadhan

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ الله

Allahumma ahillahu ‘alaina bilamni wal iimani, wasalaamati wal islaami wattaufiiqi limaa nuhibbu wa tardhii robbana wa robbukallahu 

Artinya: Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kamu dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang engkau cintai dan engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah (HR.Ahmad).

3. Doa Menjaga Hati

Menjaga hati agar senantiasa ada dalam keimanan dan keikhlasan untuk mencapai keridaan Allah SWT akan membuat nuansa Ramadan lebih kondusif untuk beribadah.

Menjaga hati dari hal-hal yang akan merusak nilai puasa tentunya akan lebih membuat pahala puasa berkualitas.

Mengenai kondisi hati ini sesuai dengan sebuah hadis.

Dari Abu Hurairah, Rasul berkata:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barang siapa yang puasa Ramadan atas dorongan iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

Baca Juga:Aktris Senior Nani Wijaya Meninggal Dunia5 Hp Murah Spek Dewa, Cuma 2 Jutaan!

4. Doa agar Diterima Amalan di Bulan Ramadhan

Al-Hafidz Ibnu Rajab kembali menyebutkan salah satu contoh doa menjelang Ramadan yang pernah dipanjatkan.

Salah satu doa dan harapan ini seperti yang pernah diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir, seorang ulama tabi’in bahwa beliau mengatakan:

0 Komentar