Cegukan Saat Puasa, Cara Mengatasinya Gak Perlu Minum!

Cegukan Saat Puasa, Cara Mengatasinya Gak Perlu Minum!
Ilustrasi Cegukan Saat Puasa, Cara Mengatasinya Gak Perlu Minum!. Sumber Foto: iStockphoto.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Ketika seseorang mengalami cegukan, cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan minum air. Akan tetapi, itu tidak berlaku jika terjadi saat puasa lantaran dapat membatalkan puasa kita. Lantas bagaimana mengatasi cegukan saat puasa tanpa cara minum ?

Cegukan adalah kondisi di mana otot pada diafragma mengalami kontraksi secara tanpa disengaja dan tiba-tiba. Dalam sejumlah kasus memang cegukan bukan kondisi medis yang berbahaya, namun tetap sangat mengganggu dan membuat seseorang menjadi tidak nyaman.

Mengalami cegukan saat puasa juga lebih berat karena tidak bisa minum yang merupakan ‘jurus’ terampuh demi menghilangkan cegukan. Meski demikian seperti dilansir dari Health, ada lima cara mengatasi cegukan tanpa harus minum air.

Baca Juga:West Ham Dilibas Newcastle 1-5, Posisi David Moyes Terancam?5 Statistik Kemenangan Real Madrid atas Barcelona di Leg 2 Semifinal Copa Del Rey

  1. Menarik napas

Cara terbaik pertama untuk menghilangkan cegukan saat puasa adalah menarik napas dalam-dalam menggunakan hidung. Tahan selama sekitar 10 sampai 20 detik kemudian hembuskan secara perlahan. Cara ini bisa diulangi tiga-empat kali sampai cegukan hilang.

  1. Bernapas dalam kantong

Bernapas dalam kantong dapat membuat otot-otot diafragma yang sempat kontraksi menjadi lebih rileks. Arahkan kantong berbahan dasar kertas yang cukup kuat ke mulut dan hidung sampai kedua bagian itu benar-benar tertutup, tapi jangan sampai bagian kepala ikut tertutup. Setelah itu, kalian cukup bernapas dalam kantong.

  1. Duduk menekuk lutut

Cara yang tidak kalah mudah untuk menghilangkan cegukan yaitu duduk sambil menekuk lutut. Peluk lutut sembari mencondongkan tubuh ke depan seperti hendak meringkuk, dan tahan selama sekitar satu hingga dua menit. Dengan cara ini, kejang akan berhenti sekaligus menekan area diafragma sehingga mengeluarkan udara yang terperangkap.

  1. Memijat

Efek pijatan bisa membantu menghilangkan cegukan tanpa harus ditambah minum. Kalian dapat memijat dengan lembut otot diafragma yang terletak di bawah ulu hati atau di atas perut. Pijat lembut selama sekitar 20 hingga 30 detik untuk melihat hasilnya.

  1. Menarik lidah

Cara ini ternyata merupakan salah satu solusi penghilang cegukan ketika puasa. Tampaknya belum banyak orang tahu bahwa menarik lidah mampu membantu merangsang saraf dan otot, jadi coba saja cara ini.

0 Komentar